Sukses

Jelang Ramadan 2024, Umi Pipik Ingatkan Makan Kalap Saat Buka Puasa Bisa Hilangkan Pahala

Umi Pipik menjelaskan sejumlah orang yang puasanya tak berpahala. Salah satunya, menjadikan berbuka ajang balas dendam setelah sehari menahan lapar.

Liputan6.com, Jakarta Umat Islam menyambut Ramadan. Jelang datangnya bulan penuh ampunan, Umi Pipik mengingatkan umat Muslim jangan sampai ibadah puasa yang dijalani hanya menahan lapar dan haus minus pahala.

Istri almarhum ustaz Jefri Al Buchori kemudian menyebut ada beberapa tipe orang puasa yang bakal kehilangan pahala. Pertama, gagal menghentikan sejumlah aktivitas yang membatalkan puasa.

“Satu, ketika dia berpuasa tetapi tidak mengurangi bahkan menyetop hal-hal yang membatalkan pahala puasa. Seperti bergunjing, membicarakan orang, mengadu domba, bohong ketika bicara, bersumpah palsu,” kata Umi Pipik.

Dalam sesi wawancara khusus dengan Showbiz Liputan6.com di Jakarta, baru-baru ini, mereka yang gagal menjaga lisan tak mendapat pahala puasa. Dia hanya dapat lapar dan haus semata.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dalam Hatinya Ria

“Lalu yang kedua, orang yang berpuasa tapi di hatinya ria,” ulasnya. Yang ketiga, orang-orang yang berpuasa namun berbukanya dengan sesuatu yang haram padahal kondisi sedang baik-baik saja.

Terakhir namun tak kalah penting, Umi Pipik mengingatkan bahwa motivasi puasa semestinya karena Tuhan Yang Mahaesa. Bukan yang lain seperti diet biar kurus atau malah “balas dendam.”

3 dari 4 halaman

Niatnya Bukan Karena Allah

Balas dendam yang dimaksud, melampiaskan hasrat bersantap saat berbuka puasa mentang-mentang seharian enggak makan dan minum. Padahal, esensi makan adalah menahan hawa nafsu.

“Lalu, orang yang berpuasa tapi niatnya bukan karena Allah. Ingin niatnya diet atau balas dendam. Setelah lapar seharian begitu melihat banyak makanan jadi lapar mata. Semua-sema dikumpulkan di meja makan dan dilahap,” urai Umi Pipik.

4 dari 4 halaman

Metamorfosis di Bulan Suci

Yang terjadi setelah kalap makan saat berbuka biasanya kekenyangan. Kalau sudah begini kantuk datang lebih cepat. Jadi malas mau melanjutkan ibadah-ibadah lainnya setelah berbuka. Diberitakan sebelumnya, Umi Pipik menyebut Ramadan sebagai fase metamorfosis.

“Begitulah Ramadan, ketika para hamba Allah yang penuh dosa ini yang kadang kita jijik dengan dosa-dosa kita. Akhirnya, datang bulan Ramadan yang disitu penuh dengan ampunan maka manusia bermetamorfisis. Akhirnya menjadi manusia yang fitrah,” ia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini