Sukses

Akira Toriyama Meninggal Dunia, Masashi Kishimoto Kreator Naruto Terpukul: Aku Tumbuh Besar dengan Manga Karyamu

Masashi Kishimoto menceritakan kenangan masa kecilnya dengan Dragon Ball karya Akira Toriyama. Sementara mangaka One Piece, Eiichiro Oda, mengungkap peran penting mendiang.

Liputan6.com, Tokyo - Kabar kematian Akira Toriyama tak hanya memukul para penggemar Dragon Ball dan karya ikonisnya yang lain. Sejumlah komikus kondang lain juga ikut terpukul mendengar pencipta Dr Slump ini meninggal dunia pada 1 Maret 2024 lalu.

Dilansir dari Nikkei Asia, Jumat (8/3/2024), kreator Naruto, Masashi Kishimoto mengungkap rasa sedihnya dalam sebuah pernyataan yang disampaikan lewat situs Shonen Jump.

“Aku tumbuh besar dengan manga karyamu, yang menjadi bagian dari hidupku. Pada hari-hari buruk, serial mingguan Dragon Ball membuatku lupa [dengan masalahku]. Sebagai seorang bocah desa yang tak punya banyak hal, itu telah menyelamatkanku,” tulis Masashi Kishimoto.

Masashi rupanya langsung menulis pernyataan dukacita, begitu mendengar kabar Akira Toriyama meninggal dunia.

“Aku merasa terpukul dengan sebuah kehilangan yang besar, bahkan lebih dahsyat bila dibanding dengan saat Dragon Ball tamat… Aku tak tahu bagaimana menghadapi lubang menganga yang muncul mendadak di jantungku,” kata dia.

Eiichiro Oda yang dikenal dengan karya populernya One Piece, juga tak kalah terpukul. Ia menyebut Akira Toriyama sebagai perintis, di masa komik dipandang sebelah mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peran Besar Akira Toriyama

“[Akira Toriyama] adalah salah satu dari penggagas sebuah era di mana baik orang dewasa maupun anak-anak bisa membaca dan menikmati manga, dan ia berasal dari masa di mana membaca manga dianggap tak baik untuk pendidikan,” kata Eiichiro Oda.

Ia meneruskan, “Ia membuat kita bisa bermimpi tentang hal-hal yang bisa diwujudkan oleh manga, dan memperlihatkan kepada para [kreator] bahwa kita bahkan bisa memperluas dunia kita.”

3 dari 4 halaman

Meninggal Dunia 1 Maret 2024

Seeperti diberitakan sebelumnya, meski kabar duka ini disampaikan pada 8 Maret, sesungguhnya Akira Toriyama telah mengembuskan napas terakhir pada 1 Maret 2024.

“Dengan dukacita mendalam kami ingin mengormasikan bahwa kreator manga Akira Toriyama meninggal dunia pada 1 Maret karena subdural hematoma akut. Ia berusia 68 tahun,” begitu pengumuman berbahasa Inggris yang disampaikan Bird Studio dan Capsule Corporation Tokyo di situs dan akun medsos resmi Dragon Ball.

4 dari 4 halaman

Permintaan Khusus

Dalam pengumuman ini, disampaikan pula bahwa Akira Toriyama telah dimakamkan oleh pihak keluarga dan sejumlah kerabat dekatnya. Ada satu permintaan khusus, yakni penggemar tak perlu mengirim bunga atau bingkisan tanda belasungkawa.

“Sesuai keinginan (Akira Toriyama) mengenai ketenangan, dengan hormat kami menginformasikan kepada Anda semua bahwa kami tak menerima bunga, bingkisan belasungkawa, kunjungan, pemberian, dan hal lainnya,” tulis pihak studio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.