Sukses

Akira Toriyama Sang Kreator Dragon Ball Meninggal Dunia, Fans Dimohon Tak Kirim Bunga Dukacita demi Hormati Mendiang

Kreator Dragon Ball Akira Toriyama meninggal dunia pada 1 Maret 2024 lalu. Ia telah dimakamkan oleh pihak keluarga dan sejumlah kerabat dekatnya.

Liputan6.com, Tokyo - Kabar dukacita mengenai meninggalnya Akira Toriyama juga disampaikan lewat situs dan akun media sosial Dragon Ball—salah satu karya ikonisnya.

 “Dengan dukacita mendalam kami ingin mengormasikan bahwa kreator manga Akira Toriyama meninggal dunia pada 1 Maret karena subdural hematoma akut. Ia berusia 68 tahun,” begitu pengumuman berbahasa Inggris yang disampaikan Bird Studio dan Capsule Corporation Tokyo, Jumat (8/3/2024).

Disampaikan pula bahwa Akira Toriyama masih terlibat dalam sejumlah proyek yang masih berjalan, dengan antusiasme besar.

“Meskipun begitu, ia telah meninggalkan sejumlah judul manga dan karya seninya yang lain di dunia ini. Berkat dukungan dari banyak orang di seluruh dunia, ia bisa melanjutkan kerja kreatifnya selama lebih dari 45 tahun. Kami berharap dunia unik yang diciptakan Akira Toriyama bisa terus dicintai orang pada masa mendatang.”

Dalam pengumuman ini, disampaikan pula bahwa Akira Toriyama telah dimakamkan oleh pihak keluarga dan sejumlah kerabat dekatnya. Ada satu permintaan khusus, yakni penggemar tak perlu mengirim bunga atau bingkisan tanda belasungkawa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Terima Bunga dan Bingkisan

“Sesuai keinginan (Akira Toriyama) mengenai ketenangan, dengan hormat kami menginformasikan kepada Anda semua bahwa kami tak menerima bunga, bingkisan belasungkawa, kunjungan, pemberian, dan hal lainnya,” tulis pihak studio.

Media juga diharapkan tak mewawancarai pihak keluarga yang menghadapi masa sulit.

3 dari 4 halaman

Soal Acara Memorial

Pihak studio juga menjelaskan bahwa belum diputuskan rencana mengenai acara  khusus untuk mengenang mendiang. Namun bila sudah ada kepastian, hal ini langsung disampaikan kepada publik.

“Kami berterima kasih secara mendalam atas pengertian dan dukungannya,” begitu penutup pernyataan tersebut.

4 dari 4 halaman

Deretan Karya Akira Toriyama

Akira Toriyama lahir di Nagoya, Aichi, pada 5 April 1955. Meski paling dikenal lewat Dragon Ball, ia juga memiliki deretan karya lain yang populer dan terlibat dalam berbagai proyek manga, anime, hingga video gim.

Beberapa di antaranya adalah Sand Land, Dragon Quest, dan Chrono Trigger. Selamat jalan, Akira Toriyama...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.