Sukses

Umi Pipik Sebut Ramadhan Fase untuk Metamorfosis, Bagikan Tips Khatam Al Quran Selama Bulan Puasa

Ramadhan tinggal hitungan hari. Umi Pipik menyebut Ramadhan fase untuk bermetamorfosis secara rohani. Pada bulan Ramadhan, manusia bagai ulat bulu.

Liputan6.com, Jakarta Bulan suci Ramadhan tinggal hitungan hari. Antusias menyambut bulan puasa, Umi Pipik menyebut Ramadhan sebagai fase untuk bermetamorfosis secara rohani. Pada bulan Ramadhan, manusia bagai ulat bulu.

Kemudian manusia bermetamorfosis jadi kepompong sampai akhirnya menjelma kupu-kupu yang cantik. Ia mengajak umat Islam di bulan Ramadhan 2024 menjadi lebih indah dan menakjubkan secara rohani dengan memperbanyak ibadah.

“Begitulah Ramadhan, ketika kita para hamba Allah yang penuh dosa ini yang kadang kita jijik dengan dosa-dosa kita. Akhirnya, datang bulan Ramadhan yang disitu penuh dengan ampunan maka manusia bermetamorfosis. Akhirnya menjadi manusia yang fitrah,” katanya.

Dalam wawancara empat mata dengan Showbiz Liputan6.com di Jakarta baru-baru ini, Umi Pipik mengajak umat Islam Tanah Air menjadikan puasa kali ini benar-benar berfaedah salah satunya dengan khatam Al Quran. Ia pun berbagi tips.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diturunkannya Al-Qur’an

“(Makna penting) Ramadhan itu salah satunya, bulan diturunkannya Al-Qur’an. Ada nanti hari Nuzulul Quran. Kalau kebiasaan saya dalam 1 juz itu kan biasanya ada 11 sampai 15 lembar. Kita bagi saja misalnya waktu zuhur, kita baca 2 atau 3 lembar,” Umi Pipik membeberkan.

Setelahnya, saat asar baca lagi 3 lembar. Berkaca pada pengalaman, istri mendiang ustaz Jefri Al Buchori bisa menuntaskan 1 juz dalam sehari. Konsistensi pada jadwal ini membuat Umi Pipik bisa khatam Al-Qur’an selama Ramadhan.

3 dari 4 halaman

Lebih Memaknai

Khatam Al-Qur’an bagi bintang film Surga Menanti bukan untuk gaya-gayaan. Hati Umi Pipik terasa penuh saat bisa membaca surat cinta dari Sang Khalik untuk umat manusia dengan tuntas.

“Kalau memang kita ingin lebih memaknai Al-Qur’an tersebut, kalau kita memang enggak bisa baca bahasa Arabnya, kita khatam artinya. Itu justru lebih memaknai, lebih masuk. Kalau saya seperti itu, untuk yang belum lancar membaca bahasa Arabnya,” ujarnya.

4 dari 4 halaman

Membawa Perubahan Dalam Diri

Umi Pipik menyebut ikhtiar mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan salah satu amal baik dengan pahala tak main-main. Ini juga salah satu upaya agar ibadah puasa kita lebih berfaedah.

“(Ini salah satu upaya) bagaimana menyikapi supaya puasa kita benar-benar berfaedah, membawa perubahan dalam diri kita tidak hanya sebatas menahan lapar dan haus,” Umi Pipik mengakhiri. Yuk!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini