Sukses

Dede Sunandar Didiagnosa Infeksi Paru-Paru, Kondisi Tubuhnya Semakin Lemah dan Sulit Jalan

Dede Sunandar mulai merasakan ada yang tidak beres dengan tubuhnya ketika rutin berolahraga dan mengonsumsi vitamin serta susu.

Liputan6.com, Jakarta Kabar kurang menyenangkan datang dari dunia hiburan tanah air, khususnya pelawak terkenal, Dede Sunandar. Dalam sebuah wawancara di acara "Pagi Pagi Ambyar," Dede Sunandar membagikan kabar bahwa kesehatannya sedang mengalami tantangan serius, yakni didiagnosis menderita infeksi paru-paru

Dalam penuturannya, Dede menceritakan bahwa ia mulai merasakan ada yang tidak beres dengan tubuhnya ketika rutin berolahraga dan mengonsumsi vitamin serta susu. Meskipun berusaha menjaga kesehatannya dengan rajin berolahraga dan asupan nutrisi, berat badan Dede tetap tidak kunjung naik.

"Niatnya kan mau naikin berat badan, gak taunya pas udah dikasih susu dan vitamin tetap nggak naik, malah tambah engap," ungkap Dede, seperti yang dikutip dari YouTube Trans TV Official, pada Jumat (1/3/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi Paru-Paru

Dalam upaya mencari solusi, awalnya Dede mengira bahwa ia hanya mengalami sakit batuk biasa. Namun, setelah memeriksakan diri ke dokter umum, dokter memberikan informasi yang mengkhawatirkan tentang kondisi paru-parunya. Dokter merekomendasikan agar Dede berkonsultasi dengan dokter spesialis paru karena ada indikasi adanya masalah yang lebih serius. 

"Dokter umum bilang 'Mas ini kayaknya harus ke dokter paru deh, spesialis paru, kayaknya ada yang berbeda di parunya'," papar Dede.

 

3 dari 4 halaman

Konsultasi

Hasil konsultasi dengan dokter spesialis paru menegaskan bahwa Dede mengalami infeksi paru-paru. Meskipun sudah diarahkan untuk mengonsumsi obat yang diresepkan dokter, Dede mengungkapkan bahwa dirinya sering melewatkan jadwal minum obat tersebut, bahkan memilih untuk tidak lagi mengonsumsinya. 

Ketidakpatuhan Dede terhadap pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter menjadi tantangan tambahan dalam perjalanan penyembuhannya.

Meskipun telah empat bulan sejak didiagnosis mengalami infeksi paru-paru, Dede mengakui bahwa tubuhnya semakin lemah, bahkan merasakan sakit ketika bernapas. "Empat bulan sebelumnya sih udah dikasih tau, empat bulan yang lalu. Cuma semakin kesini udah rada engap nih jalan, naik tangga," ujar Dede.

 

4 dari 4 halaman

Mengonsumsi Obat

Dalam menjelaskan kondisi saat ini, Dede mengungkapkan bahwa meskipun telah rutin mengonsumsi obat, tetapi beberapa kali ia melewatkan jadwal minumnya. 

"Sebenarnya kalau penyakit paru itu bisa diobati, asalkan kita rutin minum obatnya dari pagi," tambahnya.

Kabar mengenai perjuangan kesehatan Dede Sunandar menjadi sorotan, memberikan pemahaman lebih mendalam tentang tantangan yang dihadapi olehnya dan pentingnya kepatuhan terhadap rencana pengobatan yang direkomendasikan oleh para profesional kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini