Sukses

Bubah Alfian Garap Jember Fashion Carnaval, Ingin Dunia Fashion Indonesia Mendunia

Desainer sekaligus Make Up Artist (MUA) Buah Alfian mengungkap proyek akbar yang kini tengah dipersiapkan.

Liputan6.com, Jakarta Desainer sekaligus Make Up Artist (MUA) Bubah Alfian mengungkap proyek akbar yang kini tengah dipersiapkan. Ia akan membuat gelaran mode fesyen bertajuk Jember Fashion Carnaval (JFC), yang akan digelar pada 2,3,4 Agustus 2024 di Jember, Jawa Timur.

Menurut Bubah, sudah semestinya JFC terus dihidupkan, mengingat eksistensinya yang mendunia denga menampilkan ragam busana terbaik karya anak bansa. Mengusung tema Algorithm, gelaran kali ini akan menghadirkan perjalanan JFC yang sudah 22 tahun.

"Tahun ini akan kilas balik lah, tentang perjalanan JFC yang sudah 22 tahun. Tentu busana yang ditampilkan juga lebih baik lagi. Saya ingin ini bisa berkembang di Indonesia dan ini menjadi tren terbaru di dunia," kata Bubah di Scent Store di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2024).

"Ada salah satu artis kebanggan indonesia yang udah go internasional untuk dihadirkan berkat dukungan Alex dan Scent Store, dan rencananya saya juga ingin memberikan sebuah pertunjukan dan di bulan-bulan tersebut akan ada hal yang mungkin belum bisa saya ceritakan," jelas Bubah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Environment Etik

Menariknya, environment etik menjadi hal yang harus diperhatikan para desainer yang terlibat di JFC ini. Sebab, para desainer wajib menggunakan bahan daur ulang untuk setiap karya busana yang akan dipajang.

"Memang diharuskan. Minimal 40 persen setiap desain busana wajib ada bahan daur ulangnya, itu yang berbeda. Nantinya akan ada ratusan selebriti dan selebgram yang akan meramaikan JFC," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Dukungan Alec Tsai

Dalam penggarapannya, Bubah menggaet investor demi menjadikan gelaran JFC semakin spesial. Bubah  mengaku dapat dukungan penuh Alex Tsai, pemilik Scent Store Indonesia untuk menggelar JFC 2024 Agustus nanti.

"Dengan adanya Scent Store tentu membuat JFC berbeda dari sebelumnya. Bersyukur saya ketemu Mr Alex Tsai yang support segala sesuatu, mulai dari pendanaan, dan dengan banyak ide yang beliau sampaikan," ucap Bubah.

 

4 dari 4 halaman

Sudah Mendunia

Di kesempatan sama, Alex Tsai mengungkap alasan kesediaannya terlibat di gelaran JFC ini. Ia menilai, JFC adalah brand besar yang sudah mendunia, sehingga eksistensinya sudah diakui si Amerika.

"Waktu pertama melihat Jember Fashion Carnaval ini sangat indah. Maka itu diselenggarakan di Amerika. Nggak expect sebagus ini, dengan menggabungkan sisi alaminya. Sudah sepantasnya didukung dan karya busana Indonesia bisa diakui dunia," ujar Alex Tsai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.