Sukses

4 Tips Main Skateboard ala Basral Graito Peraih Medali Perak SEA Games 2019, Ajak Anak Muda Gerak Aktif

Atlet skateboard sekaligus pesohor Instagram, Basral Graito, meroket setelah mewakili Indonesia di SEA Games 2019 di Filipina. Ia menang medali perak.

Liputan6.com, Jakarta Nama influencer sekaligus atlet skateboard, Basral Graito Hutomo, meroket setelah mewakili Indonesia berlaga di arena SEA Games 2019 di Filipina. Ia pulang tidak dengan tangan kosong lantaran menang medali perak.

Basral Graito mengingat kali pertama jatuh cinta pada skateboard ketika datang ke acara Pro-jam yang menampilkan beragam olahraga “gaul” seperti BMX dan skateboard. Maksud hati menonton pertandingan BMX, apa daya mata melirik ke aksi para pemain skateboard.

“Melihat dan tertarik. (Saya) bingung kok papan bisa diputar-putar, bisa lompat. Dari situ, aku makin tertarik dan merasa aneh saja. Itu usia 10 tahun, saya naik kelas 4 SD,” kata Basral Graito dalam wawancara khusus dengan Showbiz Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Pesohor dengan 34 ribuan pengikut di Instagram itu kemudian belajar cara menjalankan papan skateboard, belok, dan meloncat. Basral Graito belajar dari YouTube karena di kampung halamannya, Solo, belum ada sekolah atau kursus khusus untuk pencinta skateboard.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Medali perak SEA Games 2019

“Kali pertama ikut kompetisi perayaan skate sedunia, 21 Juni kalau enggak salah, tahun 2016. Ada tantangan Best Trick. Aku ikut trick 50-50 front-board. Aku menang, diambil yang paling bagus. Hadiahnya papan!” ia mengenang.

Basral Graito sering bermain skateboard dengan kakaknya, Galih. Dulu, satu papan dipakai berdua. Sejak menang Best Trick, adik beradik ini punya papan masing-masing. Disinggung soal pencapaian membanggakan, ia menyebut SEA Games 2019.

Masih segar dalam ingatan, Indonesia biasanya panen medali dari cabang olahraga (cabor) renang atau badminton. Skateboard sebagai cabor baru kala itu tak mendapat lampu sorot. Karenanya, hati Basral Graito terasa penuh kala bisa menyumbang medali untuk Ibu Pertiwi.

“Medali perak SEA Games 2019 di Filipina. Deg-degan dan enggak percaya, karena biasanya dari Indonesia yang menang SEA Games atau Asian Games, tuh badminton atau renang. Ini baru pertama kali skateboard. Kaget saja, aku bisa masuk,” ujar Basral Graito.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

4 Tips Dari Basral Graito

Targetnya kini, lolos kualifikasi untuk berlaga di Olimpiade 2024 di Prancis. Ini disampaikan Basral Graito usai menjadi bintang tamu konferensi peluncuran Jasjus Rasa Cincau di "Ajang Skate Seru: Gokil Segernya, Ademnya Bikin Seru!” di One Satrio Jakarta.

Dalam kesempatan itu, ia mengajak generasi muda bergerak aktif salah satunya dengan rajin berolahraga. Bagi yang berminat menekuni skateboard, Basral Graito lantas berbagi empat tips. Pertama, tajamkan niat dan kemauan belajar.

“Kedua, perbanyak berlatih bareng teman-teman komunitas dan tempat-tempat baru untuk saling sharing sesama skater. Ketiga, konsisten mengulik dan menghafal trik-trik skateboard. Terakhir, pelajari cara jatuh untuk meminimalkan efek cedera,” ia mengakhiri.

 

4 dari 4 halaman

Bermain dan Mengasah Talenta

Dalam sesi gelar wicara, Marketing Manager Powdered Drink Category Wings Food, Budi Santoso menjelaskan, kompetisi Jasjus Skate Seru 2024 adalah bentuk dukungan bagi anak muda pecinta skateboard dalam bereksplorasi maupun menunjukkan ekspresi diri.

“Lebih dari sekadar seru bermain dan mengasah talenta, nantinya para pemenang kompetisi ini berkesempatan memenangkan golden ticket ke Kejurnas Skateboard 2024,” Budi Santoso membeberkan kepada para jurnalis.

Ada enam kategori dalam kompetisi ini yakni U-10 Woman, U-10 Men, U-15 Woman, U-15 Men, U-21 Men, dan Female Open. Jasjus Skate Seru 2024 juga jadi ajang perkenalan varian baru rasa cincau kepada masyarakat khususnya generasi muda.

“Kami berkomitmen terus menghadirkan minuman segar yang bisa dinikmati semua kalangan. Keunikan Jasjus Cincau, memberi sensasi segar gokil dari adem cincaunya. Ini sejalan dengan filosofi Wings Group: The Good Things in Life Should be Accessible for All,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.