Sukses

Generasi Extra Bootcamp by Greenfields Extra Kasih Banyak Insight Menarik, Kamu Wajib Tahu!

Greenfields menghadirkan pertama di Indonesia reality show Generasi Extra Bootcamp Competition.

Liputan6.com, Jakarta Greenfields menghadirkan pertama di Indonesia reality show Generasi Extra Bootcamp Competition. Program itu bertujuan untuk mengasah potensi anak-anak muda yang tertarik bekerja dan memiliki passion kuat di bidang marketing.

Pada program tersebut, tercatat 10 orang yang bersaing demi bisa masuk ke top 5 di bootcamp dari Greenfields ini di babak pertama. Mereka pun bersaing untuk meraih kesempatan magang di Greenfields dan berbagai hadiah menarik lainnya.

Tercatat, 5 Generasi Extra lolos ke tahap selanjutnya dalam Generasi Extra Bootcamp Competition. Mereka adalah Chaerunnisa (mahasiswi dari Universitas Islam Jakarta), Azka (Freelancer), Taufic (fresh graduate dari IPB), Della (fresh graduate dari Unpad), Angela (mahasiswi dari Universitas Al Azhar Indonesia), dan Ika (mahasiswi dari IPB).

Lalu, insight apa saja yang menarik selama gelaran Generasi Extra Bootcamp by Greenfields Extra? Intip di bawah ini!

Cara Membuat Konten yang Kreatif dan Unik

Di babak pertama Generasi Extra Bootcamp Competition, para peserta mendapatkan materi seputar creating impactful content yang diberikan oleh pengusaha sekaligus content creator, Fellexandro Ruby. Penulis buku You Do You itu mengatakan bahwa anak zaman sekarang seringkali membuat konten laiknya sebuah iklan.

Menurutnya, membuat konten harus seperti bercerita untuk dilirik oleh audiens dalam jangka waktu yang lama, tidak singkat seperti halnya sebuah iklan. Selain itu, podcaster dalam Thirty Days of Lunch itu juga mengatakan bahwa membuat konten untuk marketing tidak hanya cukup dengan modal passion semata.

"Para peserta harus memiliki skill yang mencukupi dan menggabungkannya dengan personality unik yang mereka miliki. Dengan begitu, sesuatu yang berbeda dan unik bisa mereka ciptakan," katanya.

“Zaman sekarang kalau bikin konten, harus ada 2 hal yang kita ceritakan, yaitu berdasarkan pengalaman pribadi kita dan  keunikan masing-masing dari Generasi Extra. Itu kalau dijadikan satu akan menjadi sesuatu yang powerful,” jelas Fellexandro.

Tips Menjual Sebuah Produk dengan Ide-Ide yang Menarik

Ide menarik merupakan kunci agar sebuah produk diterima bahkan dimiliki oleh seseorang. Ide menarik pun dapat muncul dari mana saja, termasuk dari prinsip marketing 5C yang jamak digunakan, seperti consumer, content, creator, community dan channel. 

Chief Marketing Officer Samara Group, Desy Bachir mengatakan bahwa prinsip marketing 5C menjadi langkah utama untuk memviralkan konten di media sosial. 

"Setelah itu, kita harus melakukan brainstorming terkait ide konten yang sesuai dengan target audience agar konten marketing menjadi viral dan bisa meningkatkan penjualan brand," katanya.

“Nah untuk memastikan konsumen kita berhenti scroll hingga checkout, maka kita harus membuat konten menarik dan sesuai dengan target audience,” jelas Desy.

Selain itu, Desy juga menerangkan bahwa konten yang viral menjadi salah satu peluang untuk meningkatkan penjualan. Dirinya mengatakan, agar target konten marketing menjadi viral di media sosial, harus mengetahui terlebih dahulu platform media sosial yang kini sedang banyak digandrungi oleh masyarakat.

“Menjadi seorang marketer memang harus terobsesi dengan konsumen, konsumen ada dimana maka kita harus berada di sana. Karena saat ini konsumen sedang terobsesi dengan TikTok, maka kita harus berada di sana dan memasukkan brand untuk di promosikan,” katanya.

Merancang Integrated Marketing Communication

Regional Chief Marketing Officer of Greenfields, Fionna Anjani Foebe mengungkapkan bahwa Integrated Marketing Communication merupakan kumpulan kegiatan-kegiatan atau aktivitas yang perlu dilakukan dan konsisten atau punya message yang sama menjadi kunci. 

“Tugasnya ada tiga, membuat awareness, jika ada sebuah kampanye baru, itu yang dituju, dari situ, ada beberapa tools-tools dari marketing communication yang bisa dipakai. Setelah awareness, ada  trial dan yang ketiga consumption,” ungkapnya.

“Yang besar-besar dalam aktivitas marketing yang pertama adalah advertising. Kedua ada self promotion yang penting untuk membantu trial,” jelas Fionna.

Ia pun menjelaskan terdapat beberapa aktivitas besar yang dilakukan dalam IMC. seperti yang pertama ada advertising atau iklan, sales promotion, personal selling, direct marketing, public relation, dan activation atau experience.

Itulah tiga insight menarik yang hadir selama Generasi Extra Bootcamp by Greenfields Extra berlangsung. Sangat insightful untuk improve karier bukan?

Last but not least, jangan lupa buat dukung segala aktivitasmu dengan Greenfields UHT Extra, susu yang lagi viral di mana-mana! Susu EXTRA yang khusus dibuat untuk support anak muda, rasanya unik, menyegarkan dan enak banget!

Greenfields UHT Extra memiliki banyak varian rasa seperti Strawberry Rose Milk, Vanilla Chamomile Milk, dan Honey Earl Grey Milk. Yuk, cobain dan beli Greenfields UHT Extra  di supermarket dan minimarket terdekat, ya!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.