Sukses

Pangeran Abdul Mateen Jalani Prosesi Berbedak Pengantin Diraja Sebelum Akad Nikah, Ditandai 17 Tembakan Meriam

Pangeran Abdul Mateen akan menjalani akad nikah dengan Anisha Rosnah atau Anisha Isa Kalebic pada hari ini, 11 Januari 2024.

Liputan6.com, Jakarta Rangkaian acara pernikahan Pangeran Abdul Mateen berlangsung silih berganti sejak 7 Januari lalu. Hari ini, Kamis (11/1/2024), ia dikabarkan akan menjalani akad nikah dengan tunangan, Anisha Rosnah atau Anisha Isa Kalebic.

Malam sebelum akad nikah, digelar prosesi Berbedak Pengantin Diraja, yang merupakan tradisi turun temurun Brunei Darussalam. Dilansir dari Borneo Bulletin, prosesi ini digelar di Balai Singgahsana Indera Buana, Istana Nurul Iman—tempat tinggal resmi Sultan Hassanal Bolkiah.

Dikutip dari Wikipedia, Berbedak adalah tradisi di mana keluarga dekat calon pengantin memberi doa restu kepada pasangan yang akan menempuh hidup baru. Kulit mereka juga diseka dengan bubuk tradisional, yang menyimbolkan kesuburan dan kemakmuran.

Prosesi Berbedak Pengantin Pangeran Abdul Mateen sendiri, dilakukan langsung oleh Sultan Hassanal Bolkiah, sang istri, Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha, serta didampingi Putera Mahkota Haji Al-Muhtadee Billah.

Dalam acara ini, Pangeran Abdul Mateen tampil mengenakan pakaian pernikahan tradisional yang disebut sepangadak merah yang berwarna merah dan dihiasi motif berwarna emas. Ia juga tampak mengenakan selempang kebesaran.

Setelah Pangeran Abdul Mateen duduk di kursi, 17 tembakan meriam berkumandang, menjadi simbol bahwa prosesi Berbedak Pengantin Diraja dilaksanakan untuk pengantin pria. Setelahnya, Anisha Rosnah juga menjalani prosesi yang sama.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Akad Nikah dan Resepsi

Diberitakan sebelumnya, akad nikah akan digelar di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien di Bandar Seri Begawan.

Tiga hari setelahnya, 14 Januari, resepsi pernikahan akan digelar. Kanal Lifestyle Liputan6.com melansir dari The Scoop, acara ini disebut Majlis Bersanding Pengantin Diraja, dan digelar di Istana Nurul Iman. Dalam momen ini pula para tamu undangan dari seluruh dunia akan hadir.

Pada hari yang sama, parade akan digelar di Bandar Seri Begawan. Royal Wedding ini secara resmi akan berahir pada 16 Januari 2024.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Foto Bersama Calon Istri

Pada hari terakhir tahun 2023, Pangeran Abdul Mateen membagikan foto berdua dengan calon istri di akun Instagram-nya. Dalam foto itu keduanya tampak mengenakan setelan blazer dan jas, dan melempar senyum kecil ke arah kamera.

Yang bikin banyak warganet terbelalak, tentu saja cincin berlian besar yang terselip di jari manis Anisha. "Wishing you all the best for 2024 💫" tulisnya sebagai caption.

4 dari 4 halaman

Tentang Anisha Calon Istri Pangeran Abdul Mateen

Anisha adalah cucu dari Pehin Dato Isa, yang merupakan penasihat khusus Sultan. Media Singapura Today mewartakan, kakak lelaki Anisha, Danial Deen Isa Kabelic, juga disebut berteman dekat dengan Pangeran Abdul Mateen. 

Dilaporkan bahwa Anisha, yang disebut-sebut sudah beberapa tahun menjalin hubungan dengan Pangeran Abdul Mateen, kuliah di sebuah kampus terkenal di Inggris.

Kini, ia juga tejun di dunia wirausaha. Ia diwartakan memiliki lini fashion Silk Collective. Anisha juga disebut memiliki perusahaan wisata bersama sahabatnya, bertajuk Authentirary.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.