Sukses

6 Fakta Vino G Bastian Bintangi Hamka & Siti Raham, Didukung MUI Pusat Lewat Fatwa Tonton Film

Jelang perilisan film Hamka & Siti Raham di bioskop, Kamis (21/12/2023), Vino G. Bastian berbagi kabar bahagia. Filmnya didukung fatwa dari MUI Pusat.

Liputan6.com, Jakarta Jelang perilisan film Hamka & Siti Raham di bioskop pada Kamis (21/12/2023), Vino G. Bastian berbagi kabar bahagia. Karya terbaru sineas Fajar Bustomi itu mendapat dukungan fatwa dari Majelis Ulama Indonesia atau MUI Pusat.

Fatwa MUI dirilis pada 17 Desember 2023 dan ditandatangani Ketua Umum MUI Pusat, KH. M. Anwar Iskan dan Sekretaris Jenderal MUI, H. Amirsyah Tambunan. Bagi Vino G. Bastian, fatwa ini penting.

“Semoga fatwa ini mendorong masyarakat Indonesia untuk mengapresiasi Hamka & Siti Raham di bioskop,” ujar Vino G. Bastian kepada jurnalis di Epicentrum XXI Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2023).

Laporan khas Showbiz Liputan6.com menghimpun 6 fakta dari balik layar Hamka & Siti Raham yang dibintangi Vino G. Bastian dan Laudya Cynthia Bella. Film rilisan Falcon Pictures dan StarVision ini diharapkan mencetak box office di pengujung 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Fatwa MUI Terkait Hamka & Siti Raham

Dalam fatwanya, Dewan Pimpinan MUI mengapresiasi Hamka & Siti Raham (Volume 2) sebagai karya seni yang bagus, edukatif, mengandung nilai luhur Islam dan kebangsaan serta keluhuran budaya Indonesia.

Karenanya, film ini didukung MUI seluruh tingkat wilayah dan daerah, tokoh masyarakat, ulama, para dai, pimpinan pesantren hingga lembaga pendidikan. Vino G. Bastian berterima kasih atas fatwa tersebut.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 7 halaman

2. Hamka Ketua MUI Pertama

Wakil Ketua Lembaga Seni Budaya dan Peradaban Islam MUI, Erick Yusuf, S. Sy., M.Pd., menjelaskan, MUI mengapresiasi film Hamka & Siti Raham (Volume 2). Selain menjadi Ketua MUI yang pertama, Buya Hamka tokoh multi dimenasional, ulama, juga pejuang.

“Hamka juga budayawan dan nasionalis. Kami mengapresiasi dengan mengeluarkan surat resmi dari MUI Pusat, berisi imbauan untuk menonton film Hamka & Siti Raham (Volume 2),” kata Erick Yusuf kepada para jurnalis.

 

4 dari 7 halaman

3. Salah Satu Syuting Terpanjang Vino

Vino G Bastian menyebut syuting Buya Hamka salah satu yang terpanjang dalam sejarah kariernya. “Total syuting days 3 bulan. Selama syuting ada jeda perpindahan dari kota satu ke yang lain. Kadang jedanya sampai seminggu dua minggu,” Vino G. Bastian mengenang.

PR terberatnya adalah menemukan kembali mood, dialek, dan chemistry setelah melewati jeda atau libur panjang. Belum lagi usai jeda, Vino G. Bastian harus dirias dan memakai prostetis. Pernah, hasil akhirnya tak sama dengan adegan sebelumnya lalu dipoles ulang.

 

5 dari 7 halaman

4. Peran Besar Siti Raham

Kebanyakan film biografi menggambarkan dan fokus pada sosok yang namanya menjadi judul. Kadang, para tokoh yang jadi sistem pendukung kurang diberi ruang gerak atau porsi leluasa. Hamka & Siti Raham volume 2 memperlihatkan peran besar sang istri.

“Bahwa Siti Raham bisa menjadi pasangan sepadan untuk ulama sekaligus sastrawan besar. Film ini memotret dedikasi Siti Raham mendukung Hamka melewati pasang surut kehidupan,” suami Marsha Timothy membeberkan.

 

6 dari 7 halaman

5. Adegan Romantis Minim Sentuhan

Dalam wawancara via telepon, Selasa (19/12/2023), Vino G Bastian menguak tantangan lain selama syuting Buya Hamka, yakni membangun chemistry dan romantisme bersama Laudya Cynthia Bella yang kini berhijab. Beradegan romantis minim sentuhan bukan mudah.

“Kesulitannya membangun adegan romantis minim sentuhan. Sulit tapi ternyata bisa. Adegan suami istri yang dibangun dalam volume 2 ini elegan tanpa banyak sentuhan fisik. Bella dan saya banyak diskusi. Dia tampil prima di film ini,” Vino G Bastian menjelaskan.

 

7 dari 7 halaman

6. Dialog Lambat, Dramaturgi Tetap Terjaga

Hamka & Siti Raham volume 2 sekuel film Buya Hamka yang dirilis jelang Lebaran 2023. Volume ketiga nanti menjadi prekuel Buya Hamka. Film Hamka & Siti Raham volume 2 memotret fase perjuangan hingga usia senja Buya Hamka bersama istri tercinta.

Saat Hamka dan Siti Raham menua, dialog keduanya tak secepat dulu. “Bagaimana menyiasati agar pacing film tak terlalu lambat meski dialog karakter utamanya tidak bisa cepat karena faktor usia. Dramaturgi harus dijaga agar penonton bisa menikmati. Ini juga tantangan,” tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini