Sukses

Melly Goeslaw Ungkap Proses Pembuatan Lagu Bertemu Kembali, Nike Ardilla Hadir Lewat Teknologi AI

Melly Goeslaw juga menceritakan makna di balik lagu Bertemu Kembali bersama mendiang Nike Ardilla dengan bantuan teknologi AI. Lagu ini sebenarnya mengisahkan tentang tiga orang.

Liputan6.com, Jakarta - Rilisnya lagu "Bertemu Kembali" yang dibawakan oleh Melly Goeslaw dengan mendiang Nike Ardilla dalam bentuk AI (Artificial Intelligence) menjadi salah satu ungkapan duka yang telah Melly simpan selama 28 tahun.

Lagu ini merilis video klip nya di platform YouTube Musica Videos dan lagunya sudah dapat didengar melalui platform musik tepat pada hari ulang tahun Nike Ardilla, yaitu 6 Desember 2023.

Saat jumpa media di kawasan Kemang, Jakarta Selatan pada Jumat (8/12/2023), lagu yang ia ciptakan kali ini mengekspresikan dirinya kehilangan sahabat tersayang setelah bertemu dengan suaminya, Anto Hoed.

Dengan arti lain, lagu "Bertemu Kembali" adalah lagu yang menceritakan tentang tiga orang, yaitu Melly, Anto, dan mendiang Nike.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lagu Tentang Melly, Anto, dan Mendiang Nike

Menurut Melly, lagu "Bertemu Kembali" adalah lagu yang mengisahkan tentang tiga orang, yaitu Melly, Anto, dan mendiang Nike.

"Sebenarnya saya tuh ingin menceritakan kisah tiga orang, saya, Mas Anto, sama Nike. Karena memang pertemuan saya dan Mas Anto kala itu dengan Nike adalah pertemuan yang pertama dan terakhir sebelum saya menikah dengan Mas Anto," tutur Melly pada Jumat (8/12/2023).

Pada awalnya, Melly merasa Tuhan tak adil karena saat ia mendapatkan suami, tapi sahabatnya meninggalkan Melly untuk selama-lamanya. Oleh karena itu, Melly menambahkan lirik 'tapi bagaimana kini aku ada dia, tapi tak ada kamu' dalam lagunya.

 

 

3 dari 6 halaman

Terinspirasi dari Musisi Internasional

Lagu "Bertemu Kembali" yang melibatkan Nike Ardilla dengan bantuan teknologi AI ini terinspirasi dari duet Dua Lipa dan Elton John.

Dua musisi Internasional tersebut berhasil menciptakan lagu "Cold Heart" yang rilis pada tahun 2021 dengan menggabungkan beberapa lagu lama seperti "Rocket Man" (1972), "Kiss the Bride" (1989), dan "Where's the Shoorah?" (1976).

4 dari 6 halaman

Rombak dan Aransemen Ulang Lagu Nike Ardilla

Dalam lagu "Bertemu Kembali," Melly dan tim produksi rela merombak rekaman suara dan aransemen sang diva untuk dapat berduet kembali.

Saat memilih lagu lama Nike, Melly langsung menjatuhkan pilihannya ke lagu "Duka Pasti Berlalu" karena lagu tersebut senada dengan tema yang ingin disampaikan oleh Melly melalui lagu barunya.

"Waktu pas dikirim file-nya, itu dalam bentuk MP3 karena memang enggak ada masternya," sambungnya.

 

 

5 dari 6 halaman

Gunakan Rekaman Suara Asli Nike Ardilla

Lagu "Bertemu Kembali" dapat rampung atas campur tangan Dimas Wibisana yang bertugas untuk mengaransemen ulang lagu Nike Ardilla agar dapat masuk ke lagu "Bertemu Kembali."

"Karena ini masternya zaman dulu (tahun 90-an), jadi secara frekuensi masih banyak yang lompat-lompat karena nempel banget sama musiknya. Akhirnya frekuensi yang lompat-lompat itu kita pisahin satu-satu secara manual," jelas Dimas.

Dimas juga menambahkan saat mengaransemen ulang lagu "Duka Pasti Berlalu," ia harus mencari tempo dari lagu tersebut agar cocok dengan lagu terbaru Melly.

 

 

 

 

6 dari 6 halaman

Sempat Ada Kendala saat Mixing Lagu

Setelah mengaransemen ulang mendiang Nike, Melly dan tim produksi lainnya mengaku alami tantangan saat masuk proses mixing.

Melly sendiri mengungkap bahwa ia sedikit kesulitan untuk menyatukan vokal dirinya dan Nike agar dapat selaras di lagu "Bertemu Kembali."

Namun, akhirnya proses pembuatan lagu yang memakan waktu selama tiga bulan ini dapat rampung dengan bukti rilisnya lagu "Bertemu Kembali" di berbagai platform musik.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.