Sukses

Seo Ye Ji Lolos dari Tuntutan Bayar Denda Rp 15 Miliar soal Kontrak Iklan, tapi Mesti Kembalikan Setengah Bayaran

Yuhan Care awalnya menuntut Seo Ye Ji untuk membayar penalti dan kompensasi sebesar 1,275 miliar won atau sekitar Rp 15 miliar. Namun tuntutan ini ditolak pengadilan.

Liputan6.com, Seoul- Putusan pengadilan terkait kasus sengketa antara aktris Korea Selatan Seo Ye Ji dengan merek Yuhan Care, akhirnya ketok palu. Dilansir dari Soompi, Jumat (17/11/2023), tuntutan Yuhan agar bintang drakor Eve bayar penalti dan kompensasi sebesar 1,275 miliar won atau sekitar Rp 15 miliar, ditolak pengadilan.

Hal ini juga telah diumumkan agensi sang aktris, Goldmedalist.

“Pada tanggal 10 November, Goldmedalist dan Seo Ye Ji mengonfirmasi bahwa tuduhan terhadapnya dalam gugatan yang diajukan oleh Yuhan Care mengenai kekerasan di sekolah, dan lainnya, tidak terbukti,” kata perwakilan agensi Seo Ye Ji.

Sedikit menengok ke belakang, sengketa ini awalnya muncul pada 2021, kala Seo Ye Ji didera sejumlah kontroversi. Mulai dari hubungan masa lalunya dengan aktor Kim Jung Hyun, hingga tuduhan kekerasan masa sekolah. Karena deretan skandal ini, Yuhan Care akhirnya mengambil langkah untuk memutuskan kontrak dengan sang aktris, yang sebelumnya menjadi model iklan suplemen kesehatan brand ini.

Nilai kontrak keduanya mencapai 450 juta won, atau sekitar Rp5,3 miliar, dan ditandatangani pada pertengahan 2020. Di dalam surat perjanjian, terdapat klausul yang secara jelas menyatakan bahwa model iklan tidak boleh terlibat dalam hal-hal yang merusak citra brand.

Keberadaan skandal tersebut dianggap sebagai bukti pelanggaran kontrak ini, dan pihak Yuhan menuntut penalti dan kompensasi 1,275 miliar won.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembalikan Setengah Bayaran

Meski lolos dari tuntutan bayar, pengadilan juga memerintahkan Seo Ye Ji untuk mengembalikan setengah dari bayaran yang telah ia terima. Pasalnya, dalam kontrak kerja juga terdapat klausul yang menyatakan, “Jika iklan dibatalkan setelah biaya model dibayar, 50% dari biaya model akan dikembalikan.”

Artinya, pihak Seo Ye Ji mesti mengembalikan 225 juta won atau sekitar Rp 2,6 miliar.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Dibenarkan Agensi

Kewajiban untuk mengembalikan bayaran juga diungkap dalam pernyataan agensi.

“Penting untuk dicatat bahwa, karena hilangnya kepercayaan dari pengiklan akibat tuduhan yang diajukan, kami diharuskan mengembalikan sebagian biaya model sesuai dengan kontrak,” pihak agensi menjelaskan.

4 dari 4 halaman

Agensi: Semua Tuduhan kepada Seo Ye Ji Tak Benar

Terakhir, agensi bintang drakor It’s Okay to Not Be Okay ini menyatakan bahwa semua tudingan yang dilekatkan kepada artisnya tidak benar.

“Kami ingin menekankan bahwa kecurigaan terhadap Seo Ye Ji tidak benar, dan mempertimbangkan penyelesaian hukum atas masalah ini, kami meminta pengertian Anda untuk menahan diri dari tuduhan tidak berdasar dan kritik yang membabi-buta,” kata perwakilan agensi di pengujung pernyataannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini