Sukses

Isu G-Dragon Bleaching Sebelum Diperiksa Polisi Dibantah Keras, Setahun Terakhir Warna Rambut GD Diklaim Masih Asli

G-Dragon yang tampil dengan rambut hitam dalam pemeriksaan polisi pada 6 November 2023 lalu, dengan tegas menyatakan ia tak menjalani bleaching.

Liputan6.com, Seoul - Niat G-Dragon atau GD ingin menyelesaikan dugaan narkoba yang membelit namanya dengan sukarela mendatangi kantor polisi pada 6 November 2023. Hanya saja, justru beragam spekulasi dan isu miring yang ia tuai beberapa hari kemudian.

Salah satunya, beredar di media sosial dan media massa bahwa ada kemungkinan pria bernama asli Kwon Ji Yong ini meluruhkan warna rambutnya—atau melakukan bleaching. Prosedur ini diyakini bisa menghilangkan jejak narkoba dalam sampel rambut yang dites. 

Sekadar informasi, GD yang tampil dengan rambut hitam dalam pemeriksaan polisi pada 6 November lalu, dengan tegas menyatakan ia tak menjalani bleaching.

“Meski saat pemeriksaan sukarela ini ia sudah dengan jelas menyatakan tidak mewarnai atau memutihkan rambutnya, dalam laporannya media menyatakan, ‘Tergantung panjang rambut, ada kemungkinan untuk bisa mengonfirmasi seseorang telah menggunakan narkoba sekitar satu tahun. Namun, untuk kasus seperti Kwon Ji Yong yang karena profesinya kerap mewarnai dan bleaching rambut, kadar narkobanya bisa berkurang',” kata pengacara GD, menyitir isi sejumlah pemberitaan media massa Korea Selatan.  

Pihaknya kemudian dengan tegas menyatakan bahwa sudah setahun lebih GD membiarkan kondisi rambutnya yang asli.

“Kami ingin menyatakan dengan jelas bahwa dalam kurun waktu kurang lebih 1 tahun 5 bulan terakhir, Kwon Ji Yong telah tidak mengalami pewarnaan atau pemutihan apa pun,” kata pengacara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cukur Seluruh Rambut Kecuali yang di Kepala

Di sisi lain, media juga melaporkan GD mencukur seluruh rambut di tubuhnya, selain yang ada di kepala. Hal ini disebut-sebut sebagai upaya menghilangkan barang bukti. Tudingan ini juga dibantah pengacara.

“Klaim polisi bahwa G-Dragon mencukur seluruh tubuhnya untuk menyembunyikan bukti sama sekali tidak berdasar, dan kini, artikel awal yang pertama kali mewartakan hal tersebut telah diperbaiki,” kata pihak GD.

3 dari 4 halaman

Sengaja Tak Cukuran

Pengacara menjelaskan, GD memang terbiasa mencukur rambut tubuhnya. Namun kebiasaannya tak dilakukan belakangan ini.

“Kwon Ji Yong menyatakan saat diinterogasi polisi, bahwa dia biasanya mencukur bulu tubuhnya. Namun sejak penyelidikan diwartakan dan dimulai, dia belum bercukur sama sekali,” kata sang pengacara.

4 dari 4 halaman

Tak Punya Niat Merusak Barang Bukti

Pihak kuasa hukum bahkan menyebut GD sengaja mempertahankan panjang rambut yang dibutuhkan dalam penyelidikan. Ia juga menyerahkan rambut dan sejumlah bagian tubuhnya yang dibutuhkan seperti kuku tangan dan kaki untuk tes forensik lebih lanjut.

“Meskipun [GD] dengan jelas menyatakan tak memiliki niat untuk merusak bukti, polisi dengan tergesa-gesa mengambil kesimpulan dan menggunakan bahasa yang menunjukkan bahwa G-Dragon berusaha merusak bukti untuk menyembunyikan kejahatan, dan ini kasus pencemaran nama baik yang serius,” kata perwakilan GD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.