Sukses

Hanung Bramantyo Jelaskan Alasan Menolong Rakyat Palestina yang Jauh: Bantu Orang Bukan Soal Jarak

Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca menjelaskan alasan mengapa menolong rakyat Palestina yang notabene jaraknya jauh dari wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan selebritas Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca terjun langsung ke kawasan Monas Jakarta untuk menyerukan perdamaian di Palestina yang luluh lantak akibat serangan militer Israel, Minggu (5/11/2023). Ribuan warga sipil tewas termasuk anak-anak dan perempuan.

Sehari sebelumnya, suami Zaskia Adya Mecca menyaksikan pengiriman bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina. Hanung Bramantyo sadar, ada banyak yang nyinyir untuk apa membantu Palestina yang jauh sementara masih banyak sesama warga Indonesia kesusahan.

Sutradara Ayat-ayat Cinta mengingatkan, membantu orang bukan perkara jauh atau dekat. Menurutnya, konflik Israel - Hamas yang menewaskan ribuan warga Palestina adalah tragedi kemanusiaan. Bukan konflik berbasis agama. Ini jadi tanggung jawab moral masyarakat dunia termasuk Indonesia.

Hari ini turut menyaksikan pengiriman bantuan ke Palestina dari pemerintah Republik Indonesia dan berbagai masyarakat. Bismillah, semoga sampai tujuan dengan selamat,” tulis Hanung Bramantyo lewat akun Instagram terverifikasi, pada 4 November 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jaraknya Jauh Dari Kita

Buat yang tanya: ‘ngapain bantuin orang yang jaraknya jauh dari kita, sementara banyak yang masih kekurangan di sekitar kita?’ Saya jawab begini gaes: ‘bantu orang’ itu bukan soal jarak. Tapi soal komitmen kita kepada kemanusiaan,” ia menyambung.

Hanung Bramantyo menambahkan, bantuan untuk Palestina menjadi pengingat bahwa kalau dengan saudara jauh saja kita peduli, apalagi dengan saudara sebangsa dan se-Tanah Air. Maka, ke depan, kita mesti lebih peka lagi kepada saudara sebangsa. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Harusnya Terpenuhi Insyaallah

Kepada derita orang lain, ga peduli jaraknya jauh apa dekat. Jika yang jauh saja kita peduli, maka yang dekat harusnya terpenuhi Insyaallah,” sutradara peraih 2 Piala Citra itu menambahkan.

Setelahnya, Hanung Bramantyo menggarisbawahi hakikat tolong menolong itu bukan hanya meringankan derita orang yang ditolong. Ke depan, kemalangan kita pun akan disirnakan Allah. 

4 dari 4 halaman

Enggak Usah Tanya Jarak

So gaes, jika derita kalian pengen sirna, sok atuh bantu orang lain. Gak usah pakai nanya jarak. Sebenernya mau bantu orang apa mau nyari rumah gebetan sih?” Hanung Bramantyo mengakhiri. Keesokan harinya, ia mengunggah sejumlah foto saat ikut aksi bela Palestina.

We stand for your freedom, Palestine. This is not war. This is genocide (Kami membela kemerdekaanmu, Palestina. Ini bukanlah perang, melainkan genosida),” cuit ayah 6 anak itu di akun Instagram terverifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini