Sukses

Mahfud MD Unggah Doa yang Diajarkan Gus Dur, Mohon Agar Bisa Bertugas dengan Benar dan Bersih

Mahfud MD mengunggah doa memohon agar Allah membimbing ketika memasuki tugas baru supaya mampu menjalani dengan benar dan bersih di medsos.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan RI, Mahfud MD, mengunggah doa indah memohon agar Allah membimbing saat memasuki tugas baru supaya mampu menjalani dengan benar dan bersih lewat akun Twitter terverifikasi, Jumat (3/11/2023).

Rupanya, doa indah ini diajarkan Presiden RI ke-4, K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur semasa hidup. Doa tersebut menjadi semacam “ijazah” dalam tradisi kehidupan di pesantren namun tetap relevan dilantun pada masa sekarang ini.

Ya Allah, bimbinglah kami memasuki satu lapangan tugas dgn benar dan jujur; Bimbing pula kami melaksanakan tugas dgn benar dan bersih shg tak perlu takut utk meninggalkan tugas krn ada beban yg menggantung,” cuit cawapres Ganjar Pranowo.

Mahfud MD lantas menjelaskan pentingnya doa ini sebelum mengemban tugas baru. Doa ini semacam lentera penerang agar seseorang tidak gamang saat bertugas dan tidak melahirkan beban baru setelah purna-tugas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Agar Dapat Melaksanakan Tugas

Rabbi adkhilnaa mudkhala shidqin wakhrijnaa mukhraja shidqin. Itu doa (semacam ijazah kalau dalam tradisi pesantren) yang diajarkan oleh Gus Dur kepada saya,” ia menjelaskan.

Agar dapat melaksanakan tugas apa pun dengan benar, tidak gamang, dan tidak membebani ketika tugas sudah selesai,” Mahfud MD menyambung. Ia tak menjelaskan secara spesifik mengapa mendadak mengunggah doa ini.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Beban Kepada Diri Sendiri

Namun menurutnya, ketika seseorang dipercaya menjalankan tugas baru, sejatinya ia bertanggung jawab kepada sang pemberi amanat dan diri sendiri. Keduanya, harus tuntas agar amanah.

Baik beban kepada diri sendiri maupun beban kepada institusi. Dari Qur'an Surah al-Isra' Ayat 80,” pungkas Mahfud MD. Untaian doa indah ini disukai ribuan warganet dan mendapat respons beragam.

 

4 dari 4 halaman

Respons Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo mengunggah emotikon tangan menengadah, pertanda ikut berdoa. “Orang baik selalu diberkati Tuhan. Amin,” @dani**** merespons. “Amen and amen, may God keep and takes care and bless you Bapak,” @drpu**** menyahut.

Ada pula yang menyambungnya dengan doa untuk para pemimpin negara. “Semoga senantiasa diberikan hikmat & kebijaksanaan oleh Allah Yang Mahakuasa dalam mengemban tugas & amanah negara Prof,” tulis @sofa**** di lini masa.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini