Sukses

Ratusan Pesohor Hollywood Termasuk Kristen Stewart Menekan Presiden AS Joe Biden Dukung Gencatan Senjata di Gaza dan Israel

Ratusan pesohor Hollywood meminta Presiden Amerika Serikat dan Kongres AS segera menyerukan gencatan senjata di Gaza dan Israel sebelum makin banyak korban yang berjatuhan.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi Gaza beberapa hari belakangan kian memilukan. Diwartakan kanal Global Liputan.com, Israel memutus akses internet dan komunikasi di Jalur Gaza. Dilansir dari AP, Jumat (27/10/2023) kemarin, militer Israel dinilai mengisyaratkan semakin dekatnya invasi darat ke Gaza.

Sementara itu Kementerian Kesehatan Palestina Ashraf al-Qudra menyebutkan bahwa sistem kesehatan di rumah sakit di Jalur Gaza terhenti total.

Kondisi ini membuat banyak warga dunia merasa terenyuh dan prihatin, termasuk para pesohor dunia. Ratusan public figure dan artis Hollywood bersatu, menandatangi pernyataan bersama mendorong Presiden AS Joe Biden untuk mendukung gencatan senjata.

Pernyataan sikap lengkap para artis ini dimuat di situs artists4ceasefire.org. Beberapa artis yang menandatangani antara lain adalah Andrew Garfield, Bella Hadid, Ben Affleck, Bradley Cooper, Cate Blanchett, Dua Lipa, Florence Pugh, Gigi Hadid, Jenna Ortega, Jennifer Lopez, Joaquin Phoenix, Kristen Stewart, Mark Ruffalo, dan masih banyak lagi.

Petikan pernyataan bersama ini, diunggah pula oleh para artis ini di Instagram masing-masing.

“Kepada Presiden Biden, Kami berkumpul sebagai seniman dan advokat, namun yang paling penting adalah sebagai manusia yang menyaksikan hilangnya banyak nyawa dan kengerian yang terjadi di Israel dan Palestina,” begitu awal surat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengutuk Pembunuhan Masyarakat Israel dan Palestina

Mereka meminta Presiden Amerika Serikat dan Kongres AS segera menyerukan gencatan senjata di Gaza dan Israel sebelum makin banyak korban yang berjatuhan.

“Lebih dari 5.000 orang telah terbunuh dalam satu setengah minggu terakhir – jumlah yang bagi siapa pun yang punya hati nurani adalah sebuah bencana besar. Kami percaya semua kehidupan adalah sakral, tidak peduli agama atau etnisnya, dan kami mengutuk pembunuhan warga sipil Palestina dan Israel,” kata mereka.

3 dari 4 halaman

Kondisi Penduduk Gaza

Salah satu poin mendesak yang harus diperhatikan, kata para pesohor ini, adalah kondisi masyarakat di Gaza, Palestina.

“Setengah dari dua juta penduduk Gaza adalah anak-anak, dan lebih dari dua pertiganya adalah pengungsi, sementara keturunan mereka dipaksa meninggalkan rumah mereka. Bantuan kemanusiaan harus diberikan kepada mereka.”

4 dari 4 halaman

Menolak Diam

Para artis menyorot bahwa AS punya peran vital dalam menghentikan tragedi ini. “Saat tulisan ini dibuat, lebih dari 6.000 bom telah dijatuhkan di Gaza dalam 12 hari terakhir - mengakibatkan satu anak terbunuh setiap 15 menit,” kata mereka.

Surat ini ditutup dengan pernyataan tegas, “Kami menolak untuk menceritakan sikap diam kami kepada generasi mendatang, bahwa kami hanya berdiam diri dan tidak melakukan apa pun. Seperti yang dikatakan oleh Emergency Relief Chief Martin Griffiths kepada UN News, ‘Sejarah sedang menyaksikan’.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini