Sukses

Tersangka Dalang Pembunuhan Tupac Shakur Ditangkap, 27 Tahun Setelah Tewasnya Sang Rapper Legendaris

Orang yang diduga dalang pembunuhan Tupac Shakur berada di lokasi penembakan pada 27 tahun lalu.

Liputan6.com, Jakarta Kasus pembunuhan Tupac Shakur telah lebih dari dua dekade tersimpan dalam file kepolisian. Sampai akhirnya pada Jumat (29/9/2023) lalu, hampir 27 tahun setelah tewasnya sang rapper legendaris, Las Vegas Metropolitan Police Department menangkap satu sosok yang diduga menjadi dalang pembunuhan ini.

Dilansir dari Associated Press, orang tersebut adalah Duane “Keffe D” Davis, yang diduga memerintahkan pembunuhan yang terjadi pada 1996 tersebut.

Ia bukan sosok baru dalam penyelidikan ini. Ia sudah masuk sebagai satu dari empat orang yang diduga terlibat dalam kejadian ini, sejak awal kasus ini diselidiki.

“Dalam kelompoknya, Duane Davis adalah orang yang memutuskan penembakan, yang dilakukan pelaku kejadian kriminal ini,” kata Letnan Jason Johansson dari bagian Pembunuhan Kepolisian Las Vegas, dalam konferensi pers. Ia pula yang mengatur pelaksanaan rencana pembunuhan ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengakuan dalam Memoir

Pihak berwenang menjelaskan bahwa penangkapan Duane Davis berhubungan dengan memoirnya yang bertajuk Compton Street Legend yang dirilis pada 2019.

Dalam buku ini ia mengaku bahwa dirinya yang menyediakan pistol dalam penembakan tersebut.

People juga mencatat bahwa dalam deskripsi bukunya yang dipajang di Amazon, Davis juga sesymbar bahwa ia adalah satu dari tiga saksi hidup pembunuhan Tupac Shakur.

3 dari 4 halaman

Tupac Ditembak Usai Nonton Mike Tyson

Seperti diketahui, Tupac Shakur ditembak pada 7 September 1996 usai menonton pertandingan tinju Mike Tyson di MGM Grand Hotel, Las Vegas. Ia berkendara bersama Marion “Suge” Knight di bangku depan mobil.

Beberapa saat sebelum peristiwa penembakan ini terjad, paparazi sempat memotret keduanya. Saat berada di lampu merah, Tupac dan Knight ditembak beberapa kali.

4 dari 4 halaman

Tersangka Berada di Lokasi Penembakan

Akibat penembakan tersebut, Knight mengalami luka di kepalanya karena terserempe peluru. Sementara Tupac Shakur dilarikan ke RS, dan meninggal dunia pada 13 September 1996.

Dilansir dari CNN Duane “Keffe D” Davis berada di lokasi penembakan saat kejadian ini. Ia berada di mobil Cadillac yang berhenti tepat di samping kendaraan Tupac, di lampu merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.