Sukses

Project Kolaberaksi Kotak Band Terus Bergaung, Kali Ini dengan Lomba Sihir

Lagu 'Beraksi' yang ikonik dari Kotak Band, kali ini mengalami transformasi baru dengan sentuhan musikal dari grup Lomba Sihir yang dikenal dekat dengan generasi Z.

Liputan6.com, Jakarta Proyek #Kolaberaksi dari Kotak Band terus berlanjut dengan kolaborasi yang menarik bersama grup musik Lomba Sihir. Lagu 'Beraksi' yang ikonik kali ini mengalami transformasi baru dengan sentuhan musikal dari grup yang dikenal dekat dengan generasi Z.

Hal ini sejalan dengan proyek mereka yang memang ingin memberi sesuatu yang cukup berbeda dari identitas Kotak aslinya. Hal itu disampaikan oleh Tantri Kotak.

Dalam kesempatan yang sama, Tantri Kotak juga menjelaskan alasan pemilihan lagu “Beraksi” yang digodok berikutnya dalam proyek besar ini.

“Project ini tuh intinya harus ‘belok’ dari kekhasan lagu kita (Kotak) yang biasanya. Kenapa lagu ‘Beraksi’ yang dipilih di project ini? Karena lagu ini anthem tiap panggungan Kotak dan kita pengen ada penyegaran,” kata Tantri vokalis Kotak dalam siaran pers tertulisnya pada Jumat (22/9/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbedaan

Versi asli lagu “Beraksi” pertama kali dirilis pada tahun 2008. Hampir 15 tahun kemudian, Lomba Sihir berhasil “menyihir” lagu ini, menghasilkan sebuah versi baru yang berdurasi 02:53.

Aransemen lagu ini disusun oleh Mario Marcella Handika Putra (Cella), gitaris Kotak, dengan produser dari Lomba Sihir, Enrico Octaviano, dan Rayhan Noor. Versi terbaru dari lagu 'Beraksi' memiliki beberapa perbedaan dengan versi aslinya, seperti adanya bagian solo gitar yang dimainkan oleh Cella.

3 dari 4 halaman

Lebih Ekspresif, Liar dan Kekinian

Aransemen dan vokal dari Lomba Sihir memberikan sentuhan segar yang membuat lagu ini terasa seolah-olah lahir kembali dalam era yang berbeda. Namun, karakteristik vokal khas dari Tantri, vokalis Kotak, tetap ada dalam bagian refren 'Beraksi', yang telah menjadi ikonik dari lagu ini.

“Lomba Sihir punya konsep musik mereka bikin kita nengok, beda dan keren banget. Dan hasilnya memang menyihir banget karena lagu ini dibikin yang enggak Kotak banget. ‘Beraksi’ lebih ekspresif dan liar, yang pasti lebih kekinian,” kata Cella.

 

4 dari 4 halaman

Kehormatan

Sementara itu, Lomba Sihir yang diberikan kesempatan untuk membawakan ulang 'Beraksi' mengakui bahwa lagu aslinya telah memiliki identitas yang kuat sejak awal. Oleh karena itu, mereka menganggap tugas ini sebagai sebuah tantangan yang menarik untuk memberikan sentuhan unik dari Lomba Sihir ke dalam lagu tersebut.

“Sebuah kehormatan tentu saja. Berhasil membuat kami merasa senang dan deg-degan. Karena bagi kami ini merupakan kesempatan yang mewah dan kami tau lagu "Beraksi" adalah lagu yang iconic, jadi pressure untuk mengombinasikan dengan warna Lomba Sihir itu jadi satu hal yang membuat kami jadi penasaran. Jadi kalau ditanya perasaannya, semua udah campur aduk,” katanya.

Sebelumnya, versi 'Beraksi' oleh Willy Winarko menjadi lagu pembuka dari proyek #Kolaberaksi oleh band Kotak. Proyek ini akan melibatkan sejumlah musisi lain yang akan menghadirkan versi mereka sendiri dari hits Kotak 'Beraksi' dalam waktu dekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini