Sukses

Museum Nasional Kebakaran, Petugas Damkar yang Diturunkan Berkali-kali Ditambah dari 21 Menjadi 56 Personel

Dugaan sementara kebakaran Museum Nasional berasal dari korsleting arus listrik yang terjadi di bedeng proyek renovasi.

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran melanda Museum Nasional atau Museum Gajah yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada Sabtu malam (16/9/2023). Dahsyatnya api yang menjilat Gedung A museum, membuat personel pemadam kebakaran terus ditambah.

Diberitakan Antara, awalnya ada tujuh unit mobil damkar dan 21 personel melakukan pemadaman sejak 20.09 WIB.

Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat kemudian menambah petugas yang diterjunkan, menjadi 32 orang kemudian ditambah lagi menjadi 52 untuk menanggulangi kebakaran itu.

"Pengerahan awal dari sektor Gambir 'high pressure'," kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal saat dikonfirmasi di Jakarta.

Saat artikel ini ditulis, dalam informasi terakhir yang dibagikan di @humasjakfire, akun Twitter dan Instagram resmi Dinas Penanggulangan Kebakaran & Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta, jumlah ini bertambah menjadi 56 personel damkar.

Disampaikan pula bahwa kabar terakhir, pada pukul 21.37 WIB petugas sudah melakukan tahap pendinginan.

Pukul 21.37 WIB dinyatakan tahap pendinginan. Pengerahan di lokasi saat ini dilaporkan sebanyak 14 unit (12 unit Jakarta Pusat dan 2 unit Dinas Gulkarmat) serta 56 personel,” begitu cuitan dari akun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diduga dari Korsleting Arus Listrik

Sementara itu, akses Jalan Medan Merdeka Barat ditutup alias disterilisasi dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Ruas jalan tersebut hanya digunakan untuk lalu lalang petugas pemadam kebakaran. 

“Tim sudah tiba dilokasi 20.07 WIB dan mulai beroperasi 20.09 WIB,” tutur Gunawan, Petugas Command Center Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, seperti dilansir dari kanal News Liputan6.com.

Sementara itu, api diduga berasal dari korsleting arus listrik yang terjadi di bedeng proyek renovasi museum tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini