Sukses

Kisah Mendiang Jane Birkin Jadi Inspirasi Tas Hermes yang Ikonik, Berawal dari Curhatan Emak-Emak

Jane Birkin duduk bersebelahan dengan CEO Hermes kala itu, Jean-Louis Dumas, dalam penerbangan dari Paris ke London. Dari sini, lahirlah tas Hermes yang ikonik.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka mengenai Jane Birkin yang meninggal dunia pada Minggu (16/7/2023) kemarin menyentak publik. Tak sedikit yang kemudian mengenang kembali kiprahnya di dunia hiburan yang begitu ikonik.

Termasuk soal mendiang yang menjadi inspirasi dari lahirnya tas Hermes yang fenomenal, Birkin Bag. Rupanya ada cerita menarik di balik lahirnya tas legendaris ini.

Dilansir dari BBC, hal ini bermula saat Jane Birkin duduk bersebelahan dengan CEO Hermes tahun 1984, Jean-Louis Dumas, dalam penerbangan dari Paris ke London.

Saat itu, isi tas Hermes milik Jane Birkin sempat tumplek keluar. Rupanya kapasitas tasnya tak cukup untuk menampung barang bawaannya. Jane Birkin kemudian curhat soal kendala yang dihadapi emak-emak: tak ada tas yang cukup besar untuk menampung bawaan yang dibutuhkan para ibu.

Jean-Louis Dumas langsung bertindak sat-set.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tas Hermes dengan Ruang Khusus untuk Botol Bayi

Ia langsung membuat sketsa tas berbentuk persegi panjang yang lega, dengan pegangan dan penutup mengkilap dan jahitan model pelana.

“Dengan ruangan tersendiri untuk botol bayinya!” begitu yang tertuang dalam situs resmi Hermes, soal kelahiran tas ini.

3 dari 4 halaman

Tas Eksklusif dari Hermes

Dan akhirnya lahirlah tas Birkin, salah satu tas mewah paling eksklusif, yang untuk membelinya pun harus melewati daftar tunggu dan tahapan yang tak mudah. Ada modelnya yang dihargai puluhan ribu dolar AS—bahkan bisa seharga rumah di Indonesia.

Lantas, seperti apa tanggapan Jane Birkin soal tas ini?

“Aku suka banget, tetapi aku memasukkan begitu banyak barang di dalamnya sehingga aku yakin ini adalah salah satu penyebab aku terkena tendonitis,” kata dia kepada The Guardian pada 2006 silam.  

4 dari 4 halaman

Meninggal Dunia di Usia 76

Seperti diberitakan sebelumnya, Jane Birkin meninggal dunia dalam usia 76 tahun.

Kabar duka ini disampaikan oleh Kementrian Budaya Prancis dalam unggahan Twitter, menyebut mendiang sebagai ikon  yang tak lekang oleh waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini