Sukses

Jane Birkin Sang Aktris yang Jadi Inspirasi Tas Hermes nan Ikonis Meninggal Dunia, Sempat Stroke hingga Patah Tulang

Jane Birkin meninggal dunia dalam usia 76 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Berita duka datang dari Jane Birkin, aktris kondang yang namanya abadi sebagai inspirasi dari salah satu lini tas Hermes yang ikonis, Birkin Bag. Dilansir dari People, Senin (17/7/2023), ia meninggal dunia pada Minggu kemarin. Ia berpulang dalam usia 76 tahun.

Kabar duka ini disampaikan oleh Kementrian Budaya Prancis dalam unggahan Twitter, menyebut mendiang sebagai “ikon berbahasa Prancis yang tak lekang oleh waktu.”

Sementara perwakilan sang aktris belum merespons media yang meminta komentarnya.

Penyebab kematian wanita kelahiran Inggris ini belum diketahui. Namun berdasarkan catatan ABC News, sang aktris memang selama beberapa tahun terakhir dirundung beragam masalah kesehatan sebelum meninggal dunia.

Ia diketahui sempat menderita stroke pada 2021 dan patah tulang bahu pada awal tahun ini. Hal-hal ini menyebabkan dirinya jarang tampil ke hadapan publik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lahir di London, Kondang di Paris

Jane Birkin adalah aktris kelahiran London pada Desember 1946. Di usia 20 tahun, ia pindah ke Paris untuk mengerjakan proyek film Slogan. Namun ia rupanya betah berada di negara ini.

Dalam wawancara dengan CNN tahun 2006, Jane Birkin mengaku “diadopsi” oleh Prancis, yang kemudian menganggapnya sebagai ikon fashion. 

“Mereka suka dengan aksenku, dan saat aku datang ke sini (rok milikku) lebih pendek dari orang lainnya. Di kampung halamanku semua orang roknya sependek diriku. Aku hanya beruntung karena sampai ke sini lebih dulu, dan (orang Prancis) mengira ini adalah fashionku,” kata dia.

3 dari 4 halaman

Je T'Aime... Moi Non Plus

Di Prancis pula, popularitas Jane Birkin meroket. Dalam film Slogan, ia berjumpa dengan sang lawan main, Serge Gainsbourg, dan keduanya jadi buah bibir di negara ini.

Serge dan Jane juga berduet dalam lagu kondang “Je T'Aime... Moi Non Plus,” bahkan menjalin hubungan yang akhirnya melahirkan aktris dan penyanyi Charlotte Gainsbourg.

Setelahnya, meski tak lagi berhubungan asmara, Jane dan Serge masih berhubungan baik.

4 dari 4 halaman

Karier Jane Birkin

Selain lagu “Je T’Aime … Moi Non Plus,” fashion, dan juga hubungan asmaranya, Jane Birkin juga dikenal lewat aktingnya di sejumlah film ikonis.

Beberapa di antaranya adalah The Blow-Up (1966), Death on the Nile (1978), dan Evil Under the Sun (1982).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.