Sukses

Profil Novia Kolopaking Istri Cak Nun, Aktris dan Penyanyi Terkenal Era 90-an yang Identik dengan Peran Emak di Keluarga Cemara

Sosok Novia Kolopaking istri Cak Nun adalah penyanyi dan aktris yang populer di era 90-an. Berikut profilnya.

Liputan6.com, Jakarta Kabar kurang baik datang dari Emha Ainun Nadjib. Budayawan yang akrab disapa Cak Nun ini kondisinya dikabarkan drop hingga harus dirawat di rumah sakit (RS). Pria berusia 70 tahun ini disebut mengalami pendarahan otak.

Novia Kolopaking, istri Cak Nun setia menemani selama sang suami dirawat di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta. Novia juga menerima kunjungan dari Presiden RI Joko Widodo, yang menjenguk Cak Nun pada hari Minggu (09/07/2023). Jokowi disebut berada di RS tersebut selama kurang lebih 15 menit.

Novia Kolopaking dikenal sebagai aktris dan penyanyi yang terkenal pada era 1990-an. Lagu-lagu yang dinyanyikan menjadi hit, pun beberapa sinetron yang ia bintangi. Aktingnya yang paling ikonis sebagai sosok Emak dalam sinetron Keluarga Cemara.

Namun semenjak menikah dengan Cak Nun pada 1997, Novia mulai mengurangi aktivitas di dunia hiburan dan lebih sering menemani suami. Pada 2010, Novia sempat vakum dari entertainment. Meski demikian, pada 2021, ia comeback ke industri hiburan lewat film Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah (TKETKA). Film tersebut menjadi ajang reuni dengan pemain sinetron Keluarga Cemara. Novia juga dikreditkan sebagai Produser Eksekutif dalam TKETKA. Berikut profil Novia Kolopaking yang dirangkum Showbiz Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (10/07/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bandung

Pemilik nama Novia Sanganingrum Saptarea Kolopaking ini lahir di Bandung pada 9 November 1972. Saat ini usianya 50 tahun. Novia merupakan putri pasangan Suprapto Kolopaking dan Risnalty Adenan. Laman Wikipedia Indonesia menyebutkan Novia masih ada hubungan keluarga dengan trah Kesultanan Mataram dari jalur Amangkurat I.  

Novia terjun ke dunia hiburan sejak masih kanak-kanak. Ia tampil di beberapa majalah anak dan aktif sebagai penyanyi serta pemain sandiwara. Pada 1983, atau saat usianya 11 tahun, ia menyanyikan dua lagu di album Bapak Pembangunan.

3 dari 4 halaman

Akting

Beranjak remaja, Novia mulai akting di layar lebar lewat film Brahma Manggala pada 1988. Sementara pada 1989, ia merambah layar gelas dengan memperkuat sinetron Jendela Rumah Kita yang memasang Dede Yusuf sebagai aktor utama. Nama Novia makin terangkat seiring sukses sinetron Siti Nurbaya pada 1990, di mana ia jadi pemeran utamanya. 

Peran yang paling melekat adalah Emak dalam Keluarga Cemara. Sebenarnya Novia bukan peran pertama, juga bukan peran terakhir. Novia menggantikan Lia Waroka, lantas digantikan Anneke Putri. Namun bagi kebanyakan orang, sosok Novia-lah yang paling identik sebagai emak.

Pada 2021, setelah vakum 11 tahun dari dunia hiburan, Novia kembali memerankan Emak dalam film Terima Kasih Emak Terima Kasih Abah. Di film itu, dia reuni dengan pemain orisinal sinetron Keluarga Cemara seperti Adi Kurdi, Ceria Hade dan Anisa Fujianti.

4 dari 4 halaman

Musik

Sudah mengeluarkan album sebagai penyanyi cilik, karier Novia di musik sebagai penyanyi dewasa teruji lewat sukses lagu “Dengan Menyebut Nama Allah” (1992) yang hadir di album kompilasi.

Novia juga sempat menyanyikan soundtrack sinetron laris era 90-an, Untukmu Segalanya. Ibu empat anak ini dulunya identik dengan lagu-lagu berlirik galau. Dengarkan saja lirik “Kembali,” “Biar Kusimpan Rinduku”, “Asmara” hingga “Aku Selalu Cinta”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini