Sukses

Lagi Ibadah Haji, Ganjar Pranowo Sempat-Sempatnya Kepikiran Tugas sebagai Gubernur, Bahas Isu Siaga Kekeringan di Jawa Tengah

Di tengah ibadah haji, Ganjar Pranowo rupanya sempat-sempatnya kepikiran dengan tugasnya sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang telah ditunjuk menjadi bakal capres PDI-P, kini tengah menunaikan ibadah haji bersama sang istri, Siti Atiqoh Supriyanti, serta Puan Maharani. Selama di Tanah Suci Mekkah, Ganjar Pranowo sempat menemui bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan.

Keakraban Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan selama ibadah haji, salah satunya terlihat di akun Instagram Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Tampak ekspresi khas Ganjar yang penuh keceriaan serta Anies Baswedan yang tersenyum menghiasi potret berisi momen pertemuan itu.

Namun di tengah ibadah haji, Ganjar Pranowo rupanya sempat-sempatnya kepikiran dengan tugasnya sebagai Gubernur Jawa Tengah. Hal itu terlihat dalam sebuah unggahan di media sosialnya, akun Instagram @ganjar_pranowo.

Dalam unggahan tersebut, Ganjar Pranowo tampak menyampaikan seputar isu kekeringan di Jawa Tengah yang disebabkan oleh El Nino. Ganjar juga menyampaikan bahwa dirinya dan jajaran Pemerintah Kabupaten maupun Kota di Jawa Tengah sudah melakukan koordinasi dalam rangka menghadapi wabah kekeringan ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo sebut Jawa Tengah Siaga Kekeringan

Dalam keterangan unggahannya itu, Ganjar Pranowo menyebut bahwa siaga kekeringan sudah berjalan hingga akhir bulan ini. Ia juga menginformasikan prakiraan waktu puncak kekeringan di Jawa Tengah lalu membeberkan langkah yang dilakukan pihaknya agar masyarakat tak terkena dampaknya.

"Saat ini, mayoritas daerah di Jateng berstatus siaga kekeringan, mulai dari 20-30 Juni 2023. Fenomena ini disebabkan oleh El Nino yang diperkirakan mencapai puncak pada November-Desember dan Indian Ocean Dipole (IOD) yang berlangsung sampai Oktober," tulisnya, Selasa (27/6/2023).

"Setelah berkoordinasi dengan seluruh jajaran termasuk Pemkab dan Pemkot, kami membentuk beberapa skema mitigasi seperti menyiapkan stok pangan lokal, optimalisasi dana desa, serta pemanfaatan sumur gali," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo Memberi Harapan kepada Masyarakat Jateng di Tengah Ibadah Haji

Lebih lanjut lagi, di tengah ibadah hajinya, Ganjar Pranowo sempat-sempatnya memberikan harapan kepada masyarakat Jawa Tengah bahwa siaga kekeringan ini akan bisa dilalui dengan baik-baik saja.

"@bpbdjateng juga sudah memberikan bantuan 854.500 liter air bersih untuk 12 kabupaten/kota yang mengalami kesulitan air bersih. Insya Allah, kemarau panjang kali ini bisa kita lalui bersama-sama," tulisnya memungkasi.

 

4 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo Berangkat Ibadah Haji pada Minggu

Sebelumnya, Bakal Capres PDIP Ganjar Pranowo akan berangkat haji pada Minggu (25/6/2022) malam. Ketua DPP PDIP Said Abdullah menyebut selain Ganjar, Puan juga akan berangkat haji.

“Hari ini Pak Ganjar Pranowo berangkat melaksanakan ibadah haji. Selain itu, Mbak Puan sekeluarga juga menunaikan ibadah haji. Ibadah haji adalah rukun Islam. Siapapun yang mengaku muslim, dan mampu melaksanakan ibadah haji, maka ia terikat kewajiban untuk melaksanakan ibadah haji. Demikian halnya Pak Ganjar Pranowo, serta Mbak Puan sekeluarga,” kata Said saat dikonfirmasi, Minggu (25/6/2023).

Menurut Said, Ganjar dan Puan memohon agar didoakan menjadi haji mabrur dan diberi kelancaran selama menjalankan ibadah di tanah suci.

“Pak Ganjar Pranowo dan Mbak Puan mohon doanya agar haji kami semua bisa mabrur, dan mendapatkan ridho dari Allah SWT, serta mendapatkan pengampunan atas dosa dosa kami. Sebab sebagai hamba kita semua memang tempatnya kumpulan salah dan khilaf.Dari ibadah haji ini, Pak Ganjar dan Mbak Puan sekeluarga ingin memperkuat ruh spiritual,” jelas Said.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini