Sukses

Pangeran William Pakai Seragam Merah dengan Simbol Daun Bawang di Geladi Resik Trooping the Colour, Ini Maknanya

Simbol yang tertera di kerah leher seragam merah Pangeran William ini semula berbentuk daun semanggi.

Liputan6.com, London - Pangeran William dapat peran penting dalam geladi resik Trooping the Colour, atau parade untuk ulang tahun Raja Inggris, yang digelar Sabtu 10 Juni 2023 lalu. Ia tampil dengan seragam merahnya, yang dulu ia kenakan dalam pernikahan dengan Kate Middleton pada 2011 silam.

Dilansir dari People pada Selasa (13/6/2023), dengan menunggang kuda Pangeran William melakukan Colonel's Review atau Tinjauan Kolonel, untuk memastikan pasukannya siap pada acara puncak yang digelar pada 17 Juni mendatang.

Ia mengenakan topi bearskin, lengkap dengan selempang dan juga pedang. Meski Pangeran William sudah cukup sering tampil di muka publik dengan seragam merah tersebut, kali ini ada sesuatu yang beda.

Simbol berbentuk daun semanggi yang semulai ditempel di bagian kerah bajunya, kini sudah diubah menjadi daun bawang.  Rupanya ini ada kaitannya dengan perubahan peran Pangeran William, yang kini menggenggam posisi sebagai Kolonel Pengawal Welsh--atau Wales

Sebelumnya, ia memegang posisi Kolonel Pengawal Irlandia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Legenda Wales dan Daun Bawang dari Abad Ketujuh

Daun bawang sendiri, adalah salah satu dari motif Pengawal Welsh. Dilansir dari wales.com, daun bawang memang sangat mengakar dalam budaya Wales.

Ada legenda bahwa pada abad ketujuh, Raja Cadwalad dari Gwynedd memerintahkan serdadunya untuk mengikat daun bawang di baju pelindung mereka. Tujuannya, demi membedakan teman sendiri dengan para musuh dalam peperangan.

3 dari 4 halaman

Sang Pangeran Wales

Pangeran William sendiri dianugerahi gelar Pengawal Welsh, sesuai dengan posisinya sebagai Pangeran Wales. 

Raja Charles sendiri mengumumkan gelar Pangeran Wales, yang secara tradisi dipegang oleh putera mahkota Kerajaan Inggris, pada 9 September tahun lalu.   

4 dari 4 halaman

Tentara Jatuh Pingsan

Dalam geladi resik Trooping the Colour pertama untuk Raja Charles III ini, Pangeran William memimpin sekitar 1.500 tentara dan 300 kuda yang berasal dari divisi Wales, Iralandia, Skotlandia, serta Grenadier dan Coldstream. Hanya saja, udara yang panas menyengat membuat ada tentara yang jatuh pingsan, dan kejadian ini jadi viral.  

Kondisi ini juga menjadi perhatian Pangeran William dalam sebuah cuitan, usai geladi resik digelar.  

Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada setiap prajurit yang ikut serta dalam Tinjauan Kolonel, dalam cuaca panas pagi ini. Kondisinya sulit tetapi kalian semua melakukannya dengan sangat baik. Terima kasih. W,” cuitnya lewat akun Twitter resmi @KensingtonRoyal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.