Sukses

Mengenal Alvredo Singgih, Pemuda Inspiratif Asal Bojonegoro yang Piawai Bermain Piano dan Mendulang Prestasi di Bidang Catur

Di Bojonegoro ternyata ada seorang pemuda bernama Alvredo Satriawan Singgih atau Alvredo Singgih yang berprestasi di bidang catur dan piawai dalam bermain piano.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka di Bojonegoro ternyata ada seorang pemuda bernama Alvredo Satriawan Singgih atau Alvredo Singgih yang berprestasi dan membuat banyak orang penasaran. Pemuda asal Bojonegoro ini adalah salah satu ketua termuda Percasi se-Indonesia. 

Terletak di Jawa Timur, Bojonegoro merupakan satu dari beberapa daerah di Indonesia yang memiliki potensi besar di berbagai bidang. Salah satu potensi yang dimiliki oleh daerah yang juga dikenal dengan Bumi Angling Darma tersebut adalah kehadiran para pemudanya.

Daerah yang terkenal dengan julukan kota minyak ini ternyata merupakan kampung halaman sang pemuda inspiratif tersebut. 

Seperti apa sosok pemuda inspiratif ini dan kisah teladan yang bisa Anda ambil dalam mengukir prestasi? Simak informasinya sampai akhir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dinobatkan Sebagai Ketua Percasi Termuda di Indonesia

Bagi para pecinta catur, tentu sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata Percasi, bukan? Percasi merupakan singkatan dari Persatuan Catur Seluruh Indonesia. Awal mula organisasi catur nasional ini berdiri yaitu pada tanggal 17 Agustus 1950.

Kecintaan Alvredo terhadap dunia catur membuatnya ingin membawa nama Bojonegoro dengan prestasi kejuaraan catur. Pasalnya, permainan catur ini bisa dimainkan mulai usia junior hingga senior sekalipun.

Terpilih menjadi ketua Percasi Bojonegoro pada 16 April 2023, membuat pemuda berusia 23 tahun ini ternyata satu-satunya yang termuda se-Indonesia. Memiliki visi untuk menorehkan kesuksesan berkelanjutan, sebagai ketua Percasi Bojonegoro, pemuda ini menggelar kompetisi untuk menghidupkan catur kembali.

Kompetisi yang digelar baru-baru ini diketahui berlangsung pada 3 Juni 2023 lalu, diselenggarakan dua tingkat, yaitu Senior dan junior. Kejuaraan catur tersebut tampak meriah dan para peserta terlihat antusias untuk memenangkannya.

Pasalnya untuk pertandingan catur senior pemenangnya berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp500 ribu. Sedangkan untuk tingkat junior juara satunya berhak mendapatkan uang sebesar Rp500 ribu plus piagam dan juga medali.

Alvredo semenjak menjabat sebagai ketua Percasi Bojonegoro juga terlihat aktif mendatangi beberapa pertemuan seperti acara silaturahmi halal bihalal, dan turnamen catur nasional terbuka piala Bupati Nganjuk.

 

3 dari 5 halaman

Menjuarai Beberapa Turnamen Catur dan Menjadi Wisudawan Berprestasi

Alvredo Satriawan Singgih adalah lulusan Universitas Airlangga Surabaya. Saat pagelaran wisuda berlangsung, pemuda tersebut menjadi wisudawan berprestasi periode Juni 2022.

Ternyata semasa kuliah pemuda yang memiliki cita-cita untuk bisa membawa dampak bagi kehidupan banyak orang ini telah menorehkan beberapa prestasi.

Beberapa prestasi yang telah berhasil diraih seperti pada tahun 2019 juara 1 Open Blitz Chess Championship.

Tidak hanya itu saja, pemuda inspiratif ini juga berhasil meraih medali perunggu PORPROV IV Jatim 2019 (Beregu Putra Mewakili Bojonegoro).

 

4 dari 5 halaman

Menyukai Dunia Musik Terutama Piano

Banyak orang mengenal Alvredo karena kepiawaiannya dalam bermain catur. Namun jangan salah, pemuda ini ternyata juga jago bermain alat musik.

Terlihat dari postingan laman Instagramnya, pemuda ini dulunya pernah mengisi acara pensi di SMAN 4 Bojonegoro.

Diketahui, Alvredo jago memainkan alat musik terutama piano. Aktivitas bermusiknya tersebut juga dibagikan pemuda ini melalui channel YouTube-nya yang bernama alvredo singgih.

Setidaknya, terdapat 25 cover musik yang sudah Alvredo upload, meskipun saat ini terlihat tidak aktif lagi karena aktivitasnya yang cukup padat.

 

5 dari 5 halaman

Nilai Teladan Dari Sosok Ketua Percasi Termuda Alvredo Singgih

Menjadi salah satu ketua percasi termuda ternyata membuat sosok Alvredo memancarkan semangat yang besar. Baginya, “We will get what we think, say and feel.”

Energi yang dipikirkan, diucapkan dan dirasakan memiliki nyawa tersendiri. Jika Anda memiliki energy dan pikiran yang positif tentu akan selalu ada jalan untuk menorehkan semangat bagi sekitarnya.

Cita-cita dan impian membara yang dimiliki Alvredo memanglah besar. Dirinya bertekad ingin membangun daerah kelahirannya agar bisa berdaya saing unggul dari segala aspek, baik dari segi pendidikan hingga melestarikan warisan budaya.

Tentunya hal itu memang tidaklah mudah, tetapi dengan komitmen dan kontribusi positif yang perlahan dibangun, Alvredo yakin bahwa suatu saat nanti impiannya tersebut dapat terwujud.

Jadi, bagi Anda yang ingin memberikan kontribusi terhadap negara, jangan mudah menyerah begitu saja. Anda dapat memulainya dari hal kecil seperti bisa bermanfaat bagi keluarga, dan masyarakat di sekitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini