Sukses

Chef Jenny Buka Kartu Soal Keju dari Salah Kaprah Hingga Mitos Berjarak dengan Masakan Indonesia

Baru-baru ini, chef Jenny, alumni MasterChef Indonesia season 8 berbagi pengetahuan soal keju dari salah kaprah pengolahan hingga cara simpan biar awet.

Liputan6.com, Jakarta Nama Chef Jenny dikenal publik setelah menembus 10 besar MasterChef Indonesia season 8. Meski langkahnya terhenti di babak 6 besar, karier Chef Jenny di dunia kuliner Tanah Air terus berkibar.

Pemilik nama asli Jenny Hendrawati ini membangun bisnis Manna Healthy Bakery dan Cafe di Bandung, Jawa Barat. Akun Instagram terverifikasi Chef Jenny menyerap lebih dari 170 ribu orang.

Alumni MasterChef Indonesia ini kerap diundang ke berbagai acara off-air untuk demo masak hingga berbagi inspirasi kuliner. Baru-baru ini, Chef Jenny berbagi pengetahuan soal keju dari salah kaprah dalam pengolahan hingga cara menyimpan agar awet.

Ia juga menepis anggapan keju makanan bule yang berjarak dengan kuliner Nusantara. Salah satu caranya, mengolah masakan yang disesuaikan dengan lidah Indonesia. Misalnya, ayam geprek dengan topping keju yang meleleh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memadukan Jenis Keju

“Memadukan jenis keju yang sesuai makanan akan menambah kelezatan. Kita bisa bikin kreasi roti dan keik, dikombinasikan dengan keju yang cocok. Misalnya bolu jadul keju pakai cheddar. Atau, roti manis topping keju yang meleleh akan terasa lebih enak,” katanya.

Chef Jenny menjelaskan, salah kaprah yang kerap ditemui terkait keju yakni tidak mengolah dan mengombinasikan keju sesuai fungsi. Misalnya, untuk bikin burger keju, yang cocok cheddar lembaran atau cheddar melt. Bukan cream cheese atau keju blok cheddar yang diparut.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Yang Punya Texture Creamy

“Makanya penting mengetahui jenis keju sesuai fungsi agar bisa meraba, mengolah, dan mengombinasikannya dengan pas,” ujar chef Jenny dalam wawancara tertulis dengan Showbiz Liputan6.com, Minggu (4/6/2023).

Setelahnya, ia berbagi kiat soal menyimpan keju agar awet dan cita rasa tetap prima. Pertama, pakai kertas roti lalu dilapisi alumunium foil, plastik wrap, atau wadah tertutup seperti kontainer kemudian disimpan di chiller lemari es.

“Untuk keju yang punya texture creamy seperti cream cheese setelah dibuka, lipat bukaan plastiknya sampai menutup lalu simpan di kontainer. Dalam membungkus keju, harus satu per satu. Dianjurkan tak mencampur berbagai keju ke satu bungkus,” ia menambahkan. 

4 dari 4 halaman

Tips Terakhir Soal Menyimpan Keju

Terakhir namun tak kalah penting, jangan campurkan keju yang dibuka pada tanggal berbeda. Ini disampaikan chef Jenny saat jadi bintang tamu perayaan Meg Cheese Day di Summarecon Mall Serpong, pada tanggal 3 dan 4 Juni 2023 sekaligus memperingati Hari Keju Sedunia.

Head of Marketing PT Megmilk Snow Brand Indonesia, Theresia Handayani, mengatakan, dalam event Meg Cheese Day, para pecinta keju bisa menikmati berbagai menu berbahan dasar keju. Bertepatan dengan perayaan 10 tahun hadir di Indonesia, Meg Cheese meluncurkan tagline #BisaJadiApaAja.

“Dalam kesempatan ini, kami mendukung para pelaku usaha kuliner untuk terus berkreasi dengan percaya diri pakai produk keju berkualitas yang enak. Meg keju serbaguna cocok untuk semua jenis menu dan rasanya pas untuk lidah orang Indonesia,” ia menjelaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini