Sukses

5 Film Horor Indonesia Terlaris dan Paling Seram yang Menghantui Kuartal Pertama 2023

Pada kuartal pertama 2023, tepatnya Januari hingga Maret lalu, para pecinta film di Indonesia telah disuguhkan oleh banyaknya film horor Indonesia yang mendominasi layar bioskop.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki kuartal kedua 2023 (1 April hingga 31 Juni 2023), sebagian besar rakyat Indonesia yang menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan sekaligus merayakan Lebaran Idul Fitri 2023, tengah disuguhi sejumlah film bioskop terbaru. Bahkan, film horor Indonesia masih banyak yang mengantre di bioskop setelah Lebaran Idul Fitri 2023.

Mundur ke kuartal pertama 2023 pada Januari hingga Maret lalu, para pecinta film di Indonesia juga telah disuguhkan oleh banyaknya film horor Indonesia yang mendominasi layar bioskop Tanah Air. Tak hanya itu, jumlah penontonnya pun sukses melebihi film-film bergenre lain.

Banyaknya film horor Indonesia yang tiba pada kuartal pertama 2023 lalu, membuat salah satu judul film bergenre horor, disaksikan lebih dari dua juta penonton. Bahkan, sejumlah film Indonesia bergenre horor lainnya juga turut mendominasi meskipun kalah dari film drama Jalan yang Jauh Jangan Lupa Pulang.

Beberapa film horor Indonesia yang mendominasi kuartal pertama 2023, ada yang mengusung tema religi. Selain itu juga ada yang menjadi remake dari film horor lawas era 1980-an.

Lantas apa saja film-film horor yang seram dan laris di kuartal pertama 2023 hingga sukses mendominasi box office Indonesia selama tiga bulan terakhir? Berikut lima judul teratasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Waktu Maghrib

Waktu Maghrib dirilis pada 9 Februari 2023. Film ini sukses mencetak penonton di angka 2,4 juta sebelum turun layar. Film karya Sidharta Tata ini bahkan sukses meraup 60.298 penonton pada hari pertama penayangan.

Film yang dibintangi Ali Fikry, Bima Sena, Nafiza Fatia Rani, dan Aulia Sarah ini menyorot mitos Indonesia yang diyakini semua warga bahwa tidaklah baik untuk keluar saat petang hari. Pasalnya, di waktu maghrib, ada banyak mahluk gaib yang bisa mengancam nyawa manusia bergentayangan.

Namun, dua karakter utamanya justru menentang kepercayaan itu hingga akhirnya muncullah fenomena-fenomena gaib yang mengerikan.

3 dari 6 halaman

2. Mangkujiwo 2

Film Mangkujiwo 2 sukses meraup angka 554 ribu penonton setelah tiba di bioskop pada 26 Januari 2023 lalu. Film ini melanjutkan kisah pertama setelah kematian Cokrokusumo. 

Kisah film kedua menyorot Uma yang mencari tahu penyebab munculnya kuntilanak dalam hidupnya, serta keinginan Brotoseno, Nyi Kenanga, dan Karmila untuk membangkitkan Mangkujiwo dengan cara keji.

 

4 dari 6 halaman

3. Bayi Ajaib

Bayi Ajaib merupakan versi buat ulang dari film horor berjudul sama yang dirilis pada 1982 silam dan meraup angka 434 ribu penonton. Versi anyar yang rilis 19 Januari 2023 ini dibintangi Vino G. Bastian, Adipati Dolken, Sara Fajira, hingga Desy Ratnasari.

Film ini menceritakan dua pemuda desa, Kosim (Vino G. Bastian) dan Dorman (Adipati Dolken), yang sama-sama serakah namun memiliki ambisi untuk menjadi kaya raya.

Sayangnya, keduanya nekat melakukan perjanjian dengan iblis hingga harus dibayar dengan kelahiran anaknya yang sering mengalami fenomena gaib nan mencekam dan mengancam kehidupan orang sekitarnya.

 

5 dari 6 halaman

4. Perjanjian Gaib

Film horor Perjanjian Gaib yang rilis 9 Maret 2023, dibintangi oleh Ayu Laksmi sebagai seorang nenek kaya raya yang mendadak meninggal dunia.

Namun seiring kepergian sang nenek, suami istri yang selama ini menjaganya, justru ingin menguasai hartanya.

Selain Ayu Laksmi, film Perjanjian Gaib juga dibintangi Dennis Adhiswara, Della Dartyan, Kinaryosih, Andi rif, MCDanny dan Allan Dastan. Film ini meraup angka 349 ribu penonton.

6 dari 6 halaman

5. Hidayah

Film Hidayah yang dibintangi Ajil Ditto berhasil meraup angka 333 ribu penonton setelah rilis pada 12 Januari 2023 lalu.

Plot Hidayah bergerak dari Bahri (Ajil Ditto) yang pindah ke Jakarta untuk memulai lembaran baru seraya mengubur masa lalu.

Suatu hari, sahabatnya, Hasan (Alif Joerg) menemuinya untuk meminta tolong. Mulai dari situlah perjalanan spiritual sarat teror dimulai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.