Sukses

Mengenal Siklon Tropis dan Jenis-jenisnya, Fenomena yang Bisa Menimbulkan Bencana Alam

Siklon tropis dibagi dalam empat jenis yang makin tinggi kecepatannya bisa menimbulkan bencana badai besar bila menimpa pemukiman.

Liputan6.com, Jakarta Fenomena siklon tropis hingga hari ini masih melanda Indonesia. Terbaru, muncul Siklon Tropis Ilsa yang berdampak menimbulkan hujan ekstrem dan angin kencang di wilayah selatan Pulau Sumba, NTT. BMKG pun mengimbau warga setempat untuk waspada dengan fenomena siklon tropis.

Siklon tropis Ilsa menjadi salah satu dari sekian banyak nama fenomena alam yang sedang diwaspadai oleh masyarakat dunia termasuk Indonesia akibat perubahan iklim. Siklon merupakan sistem cuaca ketika angin berputar ke dalam sebuah area dengan tekanan atmosfer rendah.

Siklon juga menjadi salah satu fenomena alam yang berhubungan dengan angin atau tekanan udara selain badai, topan, dan tornado. Siklon tropis pun dibagi dalam empat jenis.

Melansir wtaj.com, keempat jenis siklon tropis adalah tropical depression (depresi tropis), tropical strom (badai tropis), hurricane (angin ribut), dan major hurricane (badai besar).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Siklon Tropis yang Tak Terlalu Berbahaya

Depresi tropis merupakan jenis siklon tropis yang kecepatannya paling rendah, yakni 33 knot atau antara 37 hingga 63 km/jam.

Badai tropis lebih dahsyat dari depresi tropis, dengan kecepatan 34 hingga 63 knot, setara 64 hingga 118 km/jam.

 

3 dari 4 halaman

Siklon Tropis yang Bisa Menjadi Bencana

Hurricane bisa disebut bencana bila menimpa pemukiman. Kecepatannya lebih dari 64 knot yang setara dengan 118 km/jam.

Hurricane merupakan sebutan untuk siklon yang terbentuk di Samudera Atlantik.

Siklon yang terbentuk di Pasifik Utara disebut dengan taifun (typhoon). Sementara di Samudera Hindia disebutnya siklon (cyclone).

Fenomena major hurricane menjadi yang paling mengerikan jka menimpa pemukiman. Pasalnya kecepatannya bisa mencapai lebih dari 96 knot atau 180 km/jam.

4 dari 4 halaman

Lebih Lanjut tentang Siklon Tropis

Fenomena alam siklon tropis bisa menyebabkan gelombang badai, banjir, angin kencang, tornado, dan petir, melansir World Meteorological Organization.

Diameter Siklon tropis mencapai ratusan kilometer dan kerap terjadi di permukaan laut dekat garis khatulistiwa.

Siklon tropis terjadi akibat dua aliran angin yang berlawanan arah bertemu di zona perairan hangat bertekanan rendah.

Air yang menguap lalu terangkat secara vertikal oleh pusaran angin, kemudian menjadi badai berukuran besar. Jenis-jenis siklon tropis dibedakan berdasarkan tahap pembentukannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini