Sukses

Ibu Ida Dayak Pernah Bikin Guruh Soekarnoputra Nangis Saat Mengobati Tangan Putra Bungsu Presiden Pertama RI Soekarno

Momen Guruh Soekarnoputra diobati oleh Ibu Ida Dayak, beredar melalui video di salah satu media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Fenomena pengobatan Ibu Ida Dayak kini masih jadi perbincangan masyarakat. Pasalnya, banyak pihak yang mengaku telah sembuh berkat terapi yang dilakukan oleh Ibu Ida Dayak. Sejumlah figur publik pun kedapatan pernah diobati oleh Ibu Ida Dayak.

Rupanya, salah satu figur publik yang sempat diobati oleh pemilik nama Ida Andriyani itu adalah putra bungsu Presiden Pertama RI Soekarno, Guruh Soekarnoputra. Terlihat dalam sebuah video di media sosial, Guruh Soekarnoputra menjulurkan tangannya kepada Ida Dayak.

Momen Guruh Soekarnoputra diobati oleh Ibu Ida Dayak, beredar melalui video di akun TikTok @17_patria.m, diunggah belum lama ini. Dalam video itu, Guruh Soekarnoputra terlihat diobati tangan kanannya selama diobati Ida Dayak sambil menutupi wajahnya dengan tangan kiri.

Sekilas, dalam video itu seolah Guruh Soekarnoputra sedang kesakitan. Namun selama menutupi wajahnya, ia terlihat sesenggukan seperti orang yang sedang menangis terharu. Bahkan sesekali ia mengusap mata selama Ibu Ida Dayak mengobati tangannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tangan Guruh Sudah Lama Sakit Sebelum Diobati Ibu Ida Dayak

Terlihat video itu diunggah bersama tulisan berisi penjelasan mengenai penyakit yang selama ini diidap oleh Guruh Soekarnoputra hingga akhirnya melakukan pengobatan ke Ida Dayak.

"Alhamdulillah tangan Mas Guruh yang sudah lama tidak bisa ditekuk akhirnya setelah diobati Ibu Ida bisa ditekuk dengan rasa sakit menahan diobati beliau. terima kasih Ibu Ida Dayak yang baik dan santun orangnya," begitu isi keterangan unggahan tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Netizen Anggap Guruh Soekarnoputra Terharu dengan Ibu Ida Dayak

Meskipun Guruh disebut menahan sakit, banyak yang meyakini adik Megawati Soekarnoputri itu sedang terharu sambil menahan tangis.

"Yang saya tahu pengobatan Bu Ida enggak ada rasa sakitnya, kayaknya Mas Guruh menangis mungkin terharu tangannya bisa sembu sama Bu Ida," tulis Yuy***.

"Setuju... Mas Guruh bahagia dan haru jika diberi kesembuhan karena tangan bu Ida," kata Pri***.

"Antara terharu sama sakit," tulis Rif***.

 

4 dari 4 halaman

Ibu Ida Dayak Sebelum Viral

Sebelum viral seperti sekarang, Ida Dayak menggelar pengobatannya dengan berkeliling dari pasar ke pasar. Bahkan, ia mengaku pernah menggelar pengobatan hingga ke Papua, Sulawesi, dan Sumatera.

Metode penyembuhan Ibu Ida Dayak terbilang simpel dan cepat. Dia hanya melakukan ritual menari dan diurut dengan dioleskan minyak berwarna merah yang diberi nama Minyak Bintang.

Minyak itu sudah lama dikenal masyarakat suku Dayak Kalimantan sebagai salah satu obat tradisional yang digunakan turun-temurun.

Saat melakukan penyembuhan, Ida Dayak mengaku selalu melibatkan Tuhan. Kalimat tauhid Lailahaillallah dan kalimat basmalah kerap dilantunkannya saat memulai melakukan pengobatan. Dengan mengucapkan kalimat itu, dia menunjukkan kesembuhan hanya berasal dari Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.