Sukses

6 Lagu Hit Once Mekel Dari Masa Ke Masa, Ada Lagu Yang Juga Dinyanyikan BCL

Once Mekel baru-baru ini telah dilarang secara resmi oleh Ahmad Dhani untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Once Mekel sedang menjadi perhatian masyarakat, terutama para penggemar musik. Ini karena salah satu ucapan Ahmad Dhani saat dijumpai di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Selasa (28/3/2023).

"Saya mengumumkan bahwa saya melarang spesifik, saya melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 sejak saya ucapkan di media hari ini," ucap Ahmad Dhani dengan tegas. Hal ini disampaikan Ahmad Dhani seiring dengan konser Dewa 19 yang akan berlangsung pada Lebaran tahun ini.

"Saya larang Once Mekel untuk menyanyikan lagu Dewa 19. Kenapa? Karena Dewa 19 saat ini sedang melakukan tur setelah Lebaran itu setiap minggu dua kali. Jadi tidak boleh ada konser-konser lain yang mengganggu jalannya tur," tuturnya. Meskipun begitu, Once tetap diperbolehkan untuk menyanyikan lagu-lagu karyanya yang lain.

Memang diketahui bahwa Once telah hengkang dari Dewa 19 sejak tahun 2011. Ia pun melanjutkan kariernya sebagai vokalis solo pria yang berbakat dengan berbagai mahakarya. Mari simak 6 lagu milik Once yang legendaris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Juwita Pandang

Sebelum tergabung ke dalam band Dewa 19, Once sudah terlebih dulu mengawali karier solonya dengan merilis single "Juwita Pandang" pada tahun 1991. Lagu itu termasuk ke dalam album Salah Apa Aku.

Album tersebut merupakan album dari Malyda dan Trie Utami yang dirilis sejak tahun 1991 di bawah label Oxavia Records. Sejak rilisnya lagu ini, Once pun menunjukkan kebolehannya bernyanyi sebagai artis solo pria.

 

3 dari 7 halaman

2. Anggun

Di akhir era tahun 1990-an, Once juga merilis sebuah lagu berjudul "Anggun", tepatnya pada tahun 1999. Lagu ini termasuk ke dalam album 10 Fresh Hits NAH! oleh label PT. Aquarius Musikindo.

Berisikan 10 lagu, album itu juga dihiasi oleh beberapa musik dari musisi lainnya seperti Ninies, Mr. Q, dan Trap's. Pada tahun 2015, kanal YouTube Once Mekel pun mengunggah video klip lagu "Anggun" yang sudah ditonton sebanyak 22 ribu kali. 

4 dari 7 halaman

3. Dealova

Memasuki era tahun 2000-an, Once luncurkan lagu "Dealova" yang menjadi salah satu lagu Once paling dikenal oleh masyarakat Indonesia lintas generasi. Lagu ini merupakan soundtrack orisinal dari film Dealova yang dibintangi oleh Jessica Iskandar, Julie Estelle, Ben Joshua, dan aktor lainnya.

Rilis dan tahun 2005, lagu ini memberikan warna musik campuran pop dan rock. Bahkan melalui lagu ini, Once berhasil memenangkan kategori ARTIS SOLO PRIA POP TERBAIK dalam AMI Awards 2006.  

5 dari 7 halaman

4. Symphoni Yang Indah

Pada tanggal 3 Januari 2013, Once meluncurkan karya bertajuk "Symphoni Yang Indah" melalui album Songs To Remember. Album ini juga berisikan lagu-lagu dari Ari Lasso, AGNEZ MO, Melly Goeslaw. 

Memiliki lirik yang indah mengena dan puitis, lagu ini tampak menceritakan suasa hati seseorang yang sedang jatuh hati. "Symphoni Yang Indah" pun berada di posisi 3 lagu teratas Once yang paling banyak pendengarnya di Spotify karena telah didengar sekitar 8.805.000 kali.

6 dari 7 halaman

5. Karena Kucinta Kau

Tembang "Karena Kucinta Kau" adalah lagu Once yang sebelumnya sudah dipopulerkan pertama kali oleh penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) pada 2010. Once pun bawa versi khas miliknya dari lagu tersebut dan merilisnya pada tahun 2020.

Perbedaan kedua versi tersebut tidak hanya terdapat pada warna suara antara BCL dan Once, melainkan ada pula sejumlah perubahan diksi dari lirik pendahulunya. Penyesuaian ini dilakukan untuk menyesuaikan karakter dan kekuatan yang dimiliki Once.

7 dari 7 halaman

6. Ditentukan Untuk Bersama

Awal tahun 2023 ini, Once pun merilis sebuah album terbaru yang ia beri tajuk Sigma berisikan total 9 lagu. Album ini ia luncurkan dibawah naungan label Mapa Tala Music.

"Ditentukan Untuk Bersama" pun menjadi salah satu lagu yang paling disukai para penggemar musik dari album tersebut. Hingga kini, Once tetap menunjukkan performa hebatnya sebagai seorang yang masuk ke dalam daftar 50 penyanyi Indonesia terbaik sepanjang masa milik majalah Rolling Stone. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.