Sukses

Heboh Meme BEM UI, Tikus di Dunia Kartun Identik dengan Karakter Ikonis untuk Anak, Ini 5 di Antaranya

Sedikit mengenyampingkan meme tikus yang dibuat oleh BEM UI, ada baiknya kita mengendurkan pikiran sejenak dengan menelusuri deretan karakter kartun tikus yang telah menghibur anak-anak selama beberapa dekade.

Liputan6.com, Jakarta Aksi Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia atau BEM UI kini tengah menjadi sorotan lantaran unggahan terbaru mereka berupa video pendek berisi meme kontroversial. Dalam video tersebut, BEM UI mengunggah gambar tikus-tikus yang bermunculan di sebuah reruntuhan.

Lebih berani, BEM UI lalu melanjutkan video meme tersebut dengan memunculkan gambar Ketua DPR RI Puan Maharani. Sepanjang zaman, tikus kerap dijadikan sebagai salah satu binatang yang menggambarkan isu negatif terhadap pihak yang sedang berkuasa jauh sebelum meme ini beredar.

Namun bila kita menelusuri lebih jauh, di dunia hiburan, khususnya film atau serial animasi, tikus beberapa kali dijadikan sebagai karakter lucu nan menggemaskan. Sejumlah karakter animasi populer di kalangan anak-anak pun diambil dari tikus.

Sedikit mengenyampingkan meme tikus yang dibuat oleh BEM UI ini, ada baiknya kita mengendurkan pikiran sejenak dengan menelusuri kembali deretan karakter kartun tikus yang telah berhasil menghibur anak-anak selama beberapa dekade.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jerry Si Tikus Berani yang Selalu Dikejar Kucing Bernama Tom

Jerry merupakan karakter dari kartun Tom and Jerry ciptaan William Hanna and Joseph Barbera (Hanna Barbera) yang dibuat pada tahun 1940 silam.

Karakter ini sangat fenomenal lantaran digambarkan kerap terlibat kejar-kejaran si kucing Tom yang menjadi musuh bebuyutannya.

Namun pada beberapa sesi cerita, Jerry kerap ditampilkan secara simpatik hingga penonton pun menyukainya. Hingga kini, kartun Tom and Jerry masih eksis di layar kaca.

 

3 dari 6 halaman

2. Mickey Mouse Si Tikus Baik Hati yang Punya Banyak Teman

Mickey Mouse, salah satu karakter tikus kartun paling ikonis sekaligus tua, diciptakan oleh Walt Disney and Ub Iwerks pada 1928 silam.

Setelah Disney menjadi perusahaan besar, Mickey Mouse pun menjadi maskot yang hingga hari ini dikenal oleh hampir seluruh anak-anak di dunia.

Karakter Mickey Mouse digambarkan berhati baik dan bersahabat. Ia juga memiliki desain karakter yang unik, yaitu menggunakan sarung tangan dan celana pendek.

 

4 dari 6 halaman

3. Speedy Gonzales Si Tikus yang Bisa Berlari Cepat

Speedy Gonzales adalah karakter ciptaan Robert McKimson yang pertama kali muncul pada tahun 1953 di seri animasi populer besutan Warner Bros, Looney Tunes.

Karakter ini digambarkan bergaya ala orang Meksiko dengan logat bicara dan pakaian khas negara tersebut serta topi sombrero yang sangat khas.

Speedy Gonzales memiliki keunikan berupa kemampuan berlarinya yang sangat cepat serta hobinya bernyanyi sambil bermain gitar.

 

5 dari 6 halaman

4. Minnie Mouse Si Tikus Betina Pasangan Mickey

Jika Mickey Mouse digambarkan sebagai tikus jantan, maka Minnie Mouse adalah penggambarak karakter tikus betina yang kerap terlihat anggun.

Minnie Mouse memiliki ciri khas berupa pita yang selalu tersemat di kepalanya. Seperti Mickey, ia juga karakter yang baik hati dan bersahabat.

Karakter yang juga diciptakan Walt Disney pada 1928 ini akhirnya kerap digambarkan sebagai pasangan dari Mickey Mouse.

 

6 dari 6 halaman

5. Remy Si Tikus yang Jago Memasak Bak Seorang Koki

Bergeser jauh ke tahun 2007, Walt Disney Pictures bersama Pixar Animation Studios merilis sebuah film animasi CG berjudul Ratatouille.

Dalam film ini, karakter utamanya adalah seekor tikus bernama Remy dan seorang koki bernama Alfredo Linguini. Uniknya, keduanya berkawan dan sukses menggegerkan dunia kuliner di dalam kisah film ini.

Menariknya, Alfredo yang digambarkan tak pandai memasak, meminta tolong kepada Remy yang memiliki bakat bak seorang koki untuk menyajikan menu-menu istimewa dengan cara unik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.