Sukses

Marhaban Ya Ramadhan 2023, Ayo Dengar Lagi 6 Lagu Religi Opick untuk Teman Ibadah Puasa Mulai Besok

Untuk menemani puasa Ramadhan 2023, mari dengar lagi sejumlah lagu religi karya Opick ini sebagai teman sekaligus pengingat biar makin rajin ibadah.

Liputan6.com, Jakarta Umat Islam di Tanah Air menanti kepastian hari pertama Ramadhan 2023 melalui sidang isbat yang akan diselenggarakan Pemerintah Indonesia di Jakarta, pada Rabu (22/3/2023). Petang ini, hasilnya telah dirilis ke publik.

Marhaban ya Ramadhan. Berdasarkan hasil sidang Isbat, puasa mulai besok, Kamis (23/3/2023). Selama sebulan, umat Islam menyucikan diri dengan berpuasa hingga Idul Fitri 2023 tiba.

Biar lebih khusyuk, yuk dengar lagi beragam lagu religi dari diskografi Aunur Rofiq Lil Firdaus alias Opick, mantan musisi rock and roll yang kini lebih dikenal sebagai penyanyi religi.

Sejumlah nomor wajib putar saban Ramadhan tentu tak asing lagi di telinga kita termasuk “Tombo Ati.” Selamat menunaikan ibadah puasa untuk sahabat Liputan6.com yang menjalankan. Yuk dengar lagi 6 lagu religi dari Opick berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Astaghfirullah

Jika kita meyakini bahwa esensi puasa adalah menahan hawa nafsu, maka lapar dan haus hanyalah dua dari sekian banyak hal yang mesti kita kendalikan. Perbanyak istighfar salah satu kunci suksesnya.

Nomor pembuka dari album debut Opick di ranah religi ini obat hati yang sejati. Perhatikan liriknya yang bernas: Nafsu jiwa yang membuncah, menutupi mata hati. Seperti terlupa bahwa nafas ‘kan terhenti. Astaghfirullah, astaghfirullah, astaghfirullahaladzim…

 

3 dari 7 halaman

2. Alhamdulillah (Featuring Rachel Amanda)

Salah satu yang sulit dikendalikan selama puasa adalah lidah. Tak hanya menahan diri untuk mencicipi makanan dan minuman, tapi juga “mengulas” kehidupan orang lain di belakang mereka.

Daripada bergosip dan bergunjing, mengapa lidah tak dipakai untuk mengucap syukur kepada Sang Khalik karena masih bisa bertemu dengan Ramadhan? Alhamdulillah wasyukurilah bersyukur pada-Mu ya Allah. Kau jadikan kami saudara, indah dalam kebersamaan...

 

4 dari 7 halaman

3. Bila Waktu Tlah Berakhir

Lagu ini sering terdengar dalam suasana perkabungan atau mendengar kabar duka tokoh penting meninggal dunia. “Bila Waktu Tlah Berakhir” adalah sebuah reminder alias pengingat bahwa “musuh” kita adalah waktu.

Kita tak pernah tahu kapan maut menjemput. Lewat tembang melodius ini, Opick dengan elegan menjewer nurani kita: Bila waktu telah memanggil, teman sejati hanyalah amal.

 

5 dari 7 halaman

4. Takdir (Featuring Melly Goeslaw)

Mulai malam ini, berjanjilah kepada diri sendiri untuk tidak mudah menggerutu dan lebih ikhlas menjalani hidup. Kalau bisa, jangan hanya pas Ramadhan. Mengingat tantangan yang sebenarnya yakni mempertahankan suasana Ramadhan di hati kita meski Lebaran telah lewat.

Salah satunya ikhlas menjalani takdir. “Dan tertakdir menjalani segala kehendak-Mu, Ya Rabbi. Kuberserah, kuberpasrah hanya pada-Mu, Ya Rabbi,” ucap Opick dan Melly Goeslaw. Menyanyikan lagu ini mudah. PR-nya adalah mempraktikkan lirik ini secara konsisten.

 

6 dari 7 halaman

5. Assalamualaikum

Kadang kita lupa bahwa musuh terbesar selama puasa bisa jadi diri sendiri. Ego yang terlalu besar dan dimanjakan sampai lupa peduli kepada saudara sebangsa. Kepedulian itu bisa dimulai dari hal sederhana, yakni mendoakan.

“Salam-salam hai saudaraku, semoga Allah merahmatimu. Salam-salam wahai semua, semoga hidup jadi bahagia,” demikian Opick mengingatkan lewat “Assalamualaikum,” nomor riang dari album Ya Rahman.

 

7 dari 7 halaman

6. Tombo Ati

Dan inilah hit terbesar Opick yang hingga kini belum ada tandingannya, “Tombo Ati” alias obat hati. Ada lima perkara. Pertama, baca Al-Qur’an dan memahami maknanya. Kedua, rajin salat malam.

Ketiga, berkumpul dengan orang saleh karena pergaulan yang buruk berpotensi merusak kebiasaan baik kita. Keempat, rajin puasa. Terakhir, berzikir agar makin dekat dengan Sang Khalik. Yuk? 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.