Sukses

Mengenang Terbentuknya Golden Girls Indonesia Beranggotakan Nani Wijaya dan 3 Aktris Kawakan, Awalnya Dikumpulkan Sys NS untuk Program SCTV

Golden Girls Indonesia terdiri dari artis senior Nani Wijaya, Ida Kusumah, Connie Sutedja dan Rina Hasyim.

Liputan6.com, Jakarta Aktris senior Nani Wijaya meninggal dunia pagi tadi, Kamis (16/3/2023). Nani Wijaya mengembuskan napas terakhirnya di RS Fatmawati, Jakarta Selatan dalam usia 78 tahun. Sebelumnya, Nani dikabarkan mengidap beberapa penyakit ginjal, stroke hingga demensia.

Dikenal sebagai aktris senior yang sudah membintangi lebih dari 100 film layar lebar, Nani Wijaya juga pernah tergabung dalam Golden Girls Indonesia bersama sesama bintang kawakan yakni Connie Sutedja, Rina Hasyim dan almarhumah Ida Kusumah yang meninggal 2010. Grup Golden Girls terbentuk pada era 1990-an, menjadi pemeran utama program Opera Sabun Colek yang tayang di SCTV.

Dalam wawancara dengan sebuah media, Rina mengaku bahwa terbentuknya Golden Girls Indonesia terinspirasi dari program sitkom populer Amerika Serikat, The Golden Girls. Serial yang dibintangi Betty White dan Bea Arthur ini mengisahkan kehidupan empat wanita paruh baya yang tinggal serumah dengan segala persoalannya. Dengan empat pemeran utama lansia, serial ini sukses bertahan di AS selama 180 episode dan sempat disiarkan oleh salah satu stasiun televisi swasta.

Golden Girls Indonesia memiliki karakter yang berbeda, namun sama-sama digawangi empat artis senior. Dalam sebuah program gelar wicara TV swasta, tiga personelnya yakni Nani, Connie dan Rina sempat menceritakan awal terbentuknya Golden Girls Indonesia. Mendiang Sys NS memiliki peran penting di dalamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Awal Mula

Program talk show Sarah Sechan yang diunggah kanal YouTube NET Family pada 19 Mei 2015, menampilkan Nani, Connie dan Rina sebagai bintang tamu. Sementara Ida Kusumah sudah meninggal dunia pada 2010. Sarah Sechan selaku host mengaku kesulitan mengumpulkan ketiganya, lantaran mereka sibuk syuting sinetron yang berbeda.

Aktor, sutradara dan politikus (alm) Sys NS juga tampil sebagai bintang tamu. Sys, diamini oleh Nani dkk, mengaku sebagai penggagas terbentuknya Golden Girls Indonesia. Pada era 1990-an, Sys bersama Nani, Connie, Rina, Ida dan beberapa selebriti lain tergabung dalam GANS (Gabungan Artis Nusantara). Mereka sering berkumpul di markas GANS yang terletak di Pejompongan, Jakarta Selatan.

3 dari 5 halaman

Tawaran Televisi

Era 1990-an menjadi awal berkembangnya industri TV swasta di Indonesia. Kala itu GANS didatangi pihak TV dan diminta membuat program televisi. Ada lima program televisi yang mendapat lampu hijau. Salah satunya program Opera Sabun Colek. Empat artis kawakan yakni Nani, Connie, Rina dan Ida yang disebut Sys sebagai Golden Girls Indonesia memerankan karakter sentral, bersama Dewi Yull, Dwi Yan dan Opie Kumis.

Sys dan yang lainnya masih ingat karakter yang diperankan. Nani memerankan penegak hukum, sesuai dengan latar pendidikannya yang lulusan jurusan Kriminologi Fakultas Ilmu Sosial UI. Connie jadi wanita penggoda, sementara Rina perankan sosok penyanyi yang tak kunjung terkenal.

Sejak itu julukan Golden Girls melekat pada empat aktris ini. Bahkan kerap diundang ke acara off air untuk tampil bersama.

4 dari 5 halaman

Sempat Ngambek

Sys membongkar bahwa keempat artis ini sempat kompak mogok syuting Opera Sabun Colek, hingga membuat dirinya dan produser pusing. Hanya selisih tiga hari sebelum jadwal tayang, Sys berhasil membujuk keempatnya untuk syuting. “Saya turun tangan sebagai sutradara. Syuting tanpa skrip, namun tetap sesuai koridornya. Dan episode itu ratingnya yang paling tinggi,” kenang ayah Sabda Ahessa.

Sempat merahasiakan, Rina akhirnya mengungkap penyebab mereka ngambek. Saat syuting sebuah episode, ada adegan di mana mereka harus menyantap makanan yang disediakan. Pemain minta kru mencarikan penutup agar tidak dikerubungi lalat. “Tapi bagian art malah bilang pemain enggak usah ikutan,” kenang Rina. Hal ini membuat keempatnya kompak mogok.

5 dari 5 halaman

Menangis

Kekompakan Golden Girls masih terjaga hingga sekarang. Connie Sutedja datang takziah ke rumah duka Nani Wijaya pada Kamis siang. Menangis di atas kursi roda, Connie merasa menyesal tak menemani Nani di momen terakhir. “Saya menyesal waktu dia pergi, saya enggak bisa menemani. Padahal rumahku dekat sekali sama Rumah Sakit Fatmawati, tapi enggak boleh masuk,” ujarnya dilihat dari unggahan kanal YouTube KapanLagiDotCom.

Sepeninggal Nani dan Ida, anggota Golden Girls yang tersisa hanya Connie dan Rina. Connie terakhir bermain sinetron pada 2020, yakni Samudra Cinta dan Indah Pada Waktunya. Sementara Rina terlihat di Buku Harian Seorang Istri dan Melukis Senja, serta sederet judul Pintu Berkah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.