Sukses

Putri Lilibet Diana Anak Pangeran Harry dan Meghan Markle Dibaptis, Pangeran William - Kate Middleton Diundang tapi Tak Datang

Dalam pengumuman pembaptisan putri bungsu Pangeran Harry - Meghan Markle ini, Lilibet Diana kini menggunakan titel putri.

Liputan6.com, Jakarta - Lilibet Diana, anak bungsu Pangeran Harry dan Meghan Markle baru saja melalui tahap besar dalam kehidupannya, yakni pembaptisan. Hal ini disampaikan secara ekslusif oleh People pada Kamis (9/3/2023).

Pembaptisan ini dilakukan kepada bocah 21 bulan ini  pada Jumat pekan lalu. Upacaranya dilakukan secara intim dan kecil-kecilan di rumah Pangeran Harry dan Meghan yang terletak di Montecito, California.

Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh perwakilan pasangan ini.

"Saya dapat memastikan bahwa Putri Lilibet Diana dibaptis pada hari Jumat, 3 Maret oleh uskup di Keuskupan Episkopal Los Angeles, Pendeta John Taylor," begitu pernyataan sang juru bicara. Ya, seperti terlihat dalam pengumuman ini, Lilibet Diana dipanggil dengan menggunakan gelar “Putri.”

BBC mencatat bahwa ini akhirnya mengonfirmasi bahwa Meghan Markle dan suaminya akan menggunakan titel kebangsawanan untuk anak-anak mereka.

Seperti diketahui, meski Lilibet tak bergelar putri saat lahir, dia mendapatkan hak atas gelar itu ketika Raja Charles naik takhta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gelar Lilibet Diana Disebut Sudah Didiskusikan dengan Istana Buckingham

Perwakilan Harry dan Meghan menyebut keputusan ini sudah melalui koordinasi dengan Istana Buckingham. "Gelar anak-anak (Meghan dan Harry) telah menjadi hak mereka sejak kakek keduanya menjadi raja," kata juru bicara Duke dan Duchess of Sussex.

Ia menambahkan, "Masalah ini telah disepakati dengan Istana Buckingham."

Saat ini, situs Istana Buckingham masih menyebut Lilibet dan kakaknya, Archie, sebagai "Master Archie Mountbatten-Windsor" dan "Miss Lilibet Mountbatten-Windsor." Namun, hal ini akan segera diubah. 

3 dari 4 halaman

Raja Charles hingga Pangeran William Absen di Pembaptisan Lilibet Diana

BBC melaporkan bahwa Lilibet dan Archie tidak akan menggunakan titel ini dalam percakapan sehari-hari, dan hanya untuk urusan formal saja. Ke depannya, saat dua anak ini beranjak dewasa, mereka bisa menentukan apakah akan terus menggunakan gelar ini atau tidak.

Sementara itu sang narasumber juga menyebutkan bahwa Raja Charles, Permaisuri Camilla, Pangeran William, dan Kate Middleton sebenarnya diundang untuk menghadiri momen pembaptisan Lilibet Diana. Namun, mereka memilih untuk tidak hadir.

4 dari 4 halaman

Pangeran Harry Diundang ke Penobatan Raja Charles III

Ngomong-ngomong soal undangan, Pangeran Harry akhirnya diundang untuk datang ke penobatan Raja Charles III pada 6 Mei mendatang. 

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa Duke baru-baru ini menerima korespondensi email dari kantor Yang Mulia mengenai upacara penobatan tersebut,” kata sang perwakilan 6 Maret lalu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.