Sukses

6 Soundtrack Film Pemenang Golden Globe Ini Gagal Masuk Nominasi Piala Oscar, dari Prince hingga Madonna

Jelang malam puncak Piala Oscar 2023, mari kita simak deretan soundtrack pemenang Golden Globe Awards yang gagal jadi nominasi Academy Awards.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kategori yang diincar musisi sejagat di ajang Piala Oscar bisa jadi Lagu Tema Film Terbaik atau Best Achievement in Music Written for Motion Pictures (Original Song).

Konon, menang kategori Soundtrack Terbaik di Golden Globe Awards modal kuat untuk membawa pulang Piala Oscar. Sejumlah musisi berhasil membuktikannya dari Adele, Sam Smith, hingga yang terbaru, Billie Eilish.

Namun ada pula musisi pemenang Golden Globe Awards Soundtrack Terbaik yang bernasib apes. Susah payah menang Golden Globe malah tak dapat nominasi Oscar. Tak sedikit yang bernasib nahas ini musisi papan atas Hollywood.

Madonna hingga almarhum Prince pernah menelan pil pahit ini. Laporan khas Showbiz Liputan6.com jelang Oscar 2023 menghimpun 6 pemenang Golden Globe kategori soundtrack yang gagal jadi nominasi Oscar. Selamat menyimak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. “Masterpiece” dari Madonna (2011)

Madonna pernah bikin aib besar dengan membintangi Swept Away (2002) yang “menang” 5 Razzie Awards termasuk Film Terburuk. Pada 2011, ia menebus dosa dengan menyutradarai W.E. Tak hanya jadi sutradara, ia membuat dan menyanyikan soundtrack, “Masterpiece.”

Digarap bersama musisi Julie Frost dan Jimmy Harry, lagu ini membawa pulang Piala Golden Globe. Dunia kemudian berharap bisa menyaksikan Madonna di panggung Oscar. Sayang, kenyataan tak seindah mimpi. Boro-boro menang, dapat nominasi saja tidak. Ck.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 7 halaman

2. “You Haven’t Seen the Last of Me” dari Cher (2010)

Entah apa dosa Diane Warren hingga ia tak pernah menang Piala Oscar Lagu Tema Film Terbaik. Hingga 2023, ia sudah 14 kali nominasi. Pada 2010, ia menulis “You Haven’t Seen the Last of Me” yang dilantun Cher dalam film Burlesque. Nomor ini diganjar Piala Golden Globe.

Tragisnya, pada tahun yang sama, komite Academy Awards mengumumkan daftar nominasi dan tumben di kategori Lagu Tema Film Terbaik hanya ada 4 nominasi (biasanya 5). Dan tak ada “You Haven’t Seen the Last of Me” di sana. Dunia syok dengan keputusan tak biasa ini.

 

4 dari 7 halaman

3. “The Wrestler” dari Bruce Springsteen (2008)

Dua bad luck menimpa film The Wrestler di malam puncak Oscar 2009. Pertama, akting gemilang Mickey Rourke yang diganjar Pemeran Utama Pria Terbaik (Film Drama) Golden Globe Awards dan BAFTA kalah dari Sean Penn lewat Milk di Oscar.

Kedua, lagu “The Wrestler” yang digelari Soundtrack Terbaik Golden Globe Awards gagal masuk nominasi. Kala itu, Komite Academy Awards memilih “Jai Ho” karya A. R. Rahman dan Gulzar dari film Slumdog Millionaire yang tak dinominasikan juri Golden Globe Awards.

 

5 dari 7 halaman

4. “Guaranteed” dari Eddie Vedder (2007)

Pada tahun ini, Oscar dan Golden Globe Award mengisi penuh kategori Lagu Tema Terbaik dengan 5 nomine. Dari yang 5 itu, hanya ada satu kesamaan yakni “That’s How You Know” yang dilantun Amy Adams dalam film Enchanted. Selebihnya, beda termasuk pemenangnya.

Golden Globe Awards kala itu memilih “Guaranteed” dari film Into The Wild, yang meraih dua nominasi Oscar namun tidak untuk lagu tema. Piala Oscar Lagu Tema Film Terbaik kala itu dibawa pulang Glen Hansard dan Marketa Irglova lewat “Falling Slowly” di film Once.

 

6 dari 7 halaman

5. “Song of the Heart” dari Prince (2006)

Seumur hidupnya, mendiang Prince mengoleksi 7 Piala Grammy dan 1 Oscar via soundtrack film Purple Rain (1984). Pada 2006, ia menulis soundtrack film animasi Happy Feet, bertajuk “Song of the Heart” yang menang Golden Globe. Filmnya sendiri malah kalah.

Yang terjadi di Oscar sebaliknya. Happy Feet menang Film Animasi Terbaik sementara “Song of the Heart” gagal masuk nominasi. Kala itu, Oscar jatuh ke tangan Melissa Etheridge pencipta lagu “I Need To Wake Up” yang menghiasi film dokumenter An Inconvenient Truth.

 

7 dari 7 halaman

6. “A Love That Will Never Grow Old” dari Emmylou Harris (2005)

Brokeback Mountain adalah tragedi yang bikin dada sesak. Menang Film Terbaik BAFTA dan Drama Terbaik Golden Globe Awards, Oscar malah memilih Crash untuk Best Picture. Berbagai sumber kini menyebut Crash Film Terbaik Oscar Paling Buruk dalam sejarah sinema dunia.

Butuh tragedi tambahan? Lagu “A Love That Will Never Grow Old,” yang diracik musisi Bernie Taupin dan Gustavo Santaolalla serta dilantun Emmylou Harris tak dapat nominasi Oscar padahal menang Golden Globe dan diganjar nominasi Critics Choice Awards. Duh, Gusti...!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.