Sukses

Alasan Once Mekel Tak Mau Bayar Royalti Langsung Ke Ahmad Dhani, Pilih Berikan ke LMKN

Once Mekel disebut Ahmad Dhani tak mau bayar royalti kepadanya.

Liputan6.com, Jakarta Mantan vokalis Dewa 19, Once Mekel menanggapi kritikan Ahmad Dhani yang menyebutnya tidak pernah membayar royalti. Ahmad Dhani menyebut Once tidak pernah membayar royalti saat menyanyikan lagu-lagu miliknya. 

Once Mekel pun akhirnya menanggapi pernyataan Ahmad Dhani itu. Menurut Once, dirinya tidak perlu membayar royalti kepada Ahmad Dhani. Dirinya menegaskan sesuai aturan yang berlaku, royalti lagu dibayarkan melalui Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

"Pembagian royalti itu sudah diatur pemerintah melalui LMKN. Lembaga itu yang mengumpulkan dari orang-orang yang memakai karya orang lain dan membagikan ke penciptanya tersebut. Besarnya juga sudah diatur," ujar Once kepada wartawan di KFC Kemang, Jakarta, baru-baru ini.

"Kalau di show itu aturannya 2% dari tiket yang terjual yang dibagikan ke pencipta lagu. Kalau tidak ada tiket yang terjual, berarti 2% dari biaya produksi. Masalahnya banyak yang tidak tahu aturan ini," lanjut Once.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berbeda

Saat disinggung soal perjanjian personal yang dimaksud Ahmad Dhani, Once menganggap hal itu pembahasan berbeda. Yang pasti kata Once, pihak yang membayarkan royalti adalah penyelenggara acara, bukan musisi. 

"Kalau kompromi itu tidak berdasarkan aturan, tapi berdasarkan pertemanan saja. Kalau kompromi pribadi tentu bisa," katanya.

Diakui oleh Once, dirinya memahami banyak musisi yang mulai fokus terhadap royalti ketika pandemi. Pasalnya, ketika tidak diperbolehkan manggung, pendapatan pencipta lagu banyak yang bergantung pada royalti.

"Kita memang lagi cari titik tengah saja. Titik tengahnya satu lagu tuh okelah berapa. Nah, yang mau saya koreksi juga, royalti itu berbeda dengan bagi-bagi untung. Kalau musisi manggung dibayar Rp10 juta, itu tidak bisa tiba-tiba royaltinya satu lagu Rp1 juta ya. Itu namanya bagi-bagi untung. Royalti adalah hasil kerja di waktu lalu. Makanya royalti relatif lebih kecil," ujar Once. 

 

3 dari 4 halaman

Tak Bayar

Sebelumnya, Ahmad Dhani dalam wawancaranya dengan Desta dan Vincent mengungkapkan jika sejumlah penyanyi yang menyanyikan lagu ciptaannya membayar royalti langsung kepadanya. Mereka antara lain Judika, Ari Lasso hingga Reza Artamevia. 

Ahmad Dhani menyebut penyanyi Once yang tidak mau membayar royalti langsung kepadanya. 

"Kalau gue, misalnya sama Ari Lasso, langsung telepon sendiri saja. Nggak perlu lewat lembaga-lembagaan. Kita pakai gentlement agreement saja, 'Ri lo bayar gue ya kalau nyanyiin lagu gue'. Reza juga. Yang belum Once nih, masih agak alot," kata Ahmad Dhani.

"Dia (Once) berarti nggak pernah bawain lagu lu?" kata Desta.

"Bawain, tapi nggak mau bayar," jawab Ahmad Dhani.

 

4 dari 4 halaman

Keluar

Sekadar informasi, Ahmad Dhani mengaku memang memutuskan keluar dari WAMI (Wahana Musik Indonesia) yang merupakan salah satu Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) di Indonesia. Dhani memutuskan mengurus royalti lagu-lagu ciptaannya sendiri.  

"Kalau tidak tergabung dalam salah satu LMK maka tidak akan mendapatkan royalti. Capeklah kalau saya sebutin satu-satu. Kalau tidak tahu aturan, cari tahu cara baca aturan," pungkas Once.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.