Sukses

5 Hal yang Harus Dipastikan Sebelum Memilih Travel Umrah agar Tak Kecewa

Berbeda dengan ibadah Haji, umrah adalah perjalanan spiritual yang bisa dilakukan kapanpun sepanjang tahun.

Liputan6.com, Jakarta Pergi ke tanah suci Mekkah merupakan impian sebagian besar umat muslim di dunia. Tak sekadar menjalankan rukun Islam yang ke 5, yaitu ibadah haji, umat muslim juga bisa pergi ke Mekkah untuk umrah.

Berbeda dengan ibadah Haji, umrah adalah perjalanan spiritual yang bisa dilakukan kapanpun sepanjang tahun. Fleksibilitas ini memungkinkan orang yang memiliki kendala waktu dan keuangan tertentu untuk memilih umrah sebelum berhaji.

Seiring dengan pembukaan keran kebijakan yang diperlonggar setelah meredanya COVID-19, sejumlah travel umrah mulai menggeliat untuk memberangkatkan calon jamaah ke Tanah Suci.

Namun, kekhawatiran banyak muncul di benak calon jamaah lantaran maraknya kasus travel bodong yang baru-baru ini kembali muncul. Alih-alih bisa pergi beribadah, pada beberapa kasus, para calon jemaah umrah justru harus merelakan uangnya lenyap jutaan hingga ratusan juta rupiah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kepastian Terhadap 5 Hal untuk Calon Jamaah

Mengomentari hal ini, Bambang Tri Nugraha, Komisaris Utama PT Garislurus Lintas Semesta, menyebut bahwa travel seharusnya menyediakan sejumlah kepastian kepada calon jamaah di antaranya perusahaan travel harus berizin resmi, kepastian visa, maskapai penerbangan, akomodasi hotel, dan jadwal keberangkatan yang pasti.

"Garislurus menjalankan usaha umroh dengan mengutamakan 5 Pasti Umroh: Pasti travel berijin, pasti visanya, pasti hotelnya, pasti jadwalnya, pasti penerbangan maskapainya. Hal ini seperti yang telah diamanatkan oleh Pemerintah untuk PPIU," ujar Bambang saat dihubungi, Jumat (27/1/2023).

 

3 dari 4 halaman

Menjamin Keamanan dan Kenyamanan

Menurut pengusaha travel umrah dan haji yang telah aktif sejak 2011 itu, pihaknya menjamin keamanan dan kenyamanan calon jamaah dengan sistem terintegrasi dalam mengelola travel umrahnya, mulai dari pengurusan visa, penerbangan hingga hotel, dilakukan secara mandiri. Pasalnya, Garislurus Travel adalah provider visa serta wholesaler: penyedia tiket dan penyedia hotel.

"Di Garislurus pasti jadwalnya karena Ticket Pesawatnya sudah tersedia dan selalu memakai pesawat direct serta hotel-hotel terbaik di kelasnya. Pelayanan terintegrasi karena Garislurus juga merupakan provider visa, jadi semua layanan kita kerjakan secara mandiri," jelas pemilik usaha travel Garislurus.

 

4 dari 4 halaman

Pesan Tiket Lebih Awal

Dalam hal menawarkan program atau paket umrah, Garislurus Travel telah melakukan booking tiket pesawatnya terlebih dahulu alias lebih awal untuk kepastian jadwalnya setelah itu baru dipasarkan.

Hingga saat ini, Garislurus telah memberangkatkan lebih dari 1.500 jamaah per tahunnya. Selain itu, untuk memudahkan akses layanan umrah dan haji plus / Furodha, Garislurus Lintas Semesta juga telah membuka puluhan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.