Sukses

6 Grup K-Pop yang Bikin Geger Tahun 2022 Gara-Gara Kehilangan Personel, Alasannya Ribut dengan Agensi hingga Isu Perundungan

Ada puluhan idol K-Pop yang pada tahun 2022 diketahui mundur dari grupnya. Beberapa di antara mereka, bikin publik heboh karena beragam alasan.

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2022 tinggal beberapa hari lagi bakal berakhir. Artinya, saatnya kembali mengilas balik kejadian selama setahun terakhir. Di jagat K-Pop sendiri, ada begitu banyak hal yang terjadi.

Ada grup yang baru debut, ada yang bubar. Ada pula yang kehilangan anggotanya.

Untuk yang disebut terakhir, ada puluhan idol Korea Selatan yang pada tahun ini diketahui mundur dari grupnya. Entah karena alasan kesehatan atau mengejar karier di bidang lain. Berita mengenai mundurnya para idol umumnya lebih berdampak kepada penggemar grupnya saja. Namun ada pula yang sampai jadi perbincangan umum.

Setidaknya ada enam grup yang bikin geger publik karena kehilangan personelnya pada tahun ini. Ada yang alasannya diumbar ke media, ada pula yang misterius.

Siapa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. DAY6

 

Hari pertama tahun 2022 dibuka dengan kabar keluarnya Jae dari DAY6. Dalam pernyataannya, JYP tidak merinci apa alasan Jae keluar. Pada 2020, ia sempat mengeluhkan kurangnya dukungan terhadap konten yang ia buat.

3 dari 7 halaman

2. Apink

Pada 8 April, Naeun bikin geger karena mengumumkan dirinya keluar dari Apink. Ini karena hanya berselang beberapa hari setelah pengumuman ini—yakni pada 19 April—grupnya akan merilis lagu untuk merayakan ultah ke-11 Apink.

 

4 dari 7 halaman

3. Le Sserafim

Kim Garam sudah terbelit isu perundungan masa sekolah, bahkan sebelum Le Sserafim debut pada Mei. Skandal ini makin membesar, hingga akhirnya Garam menjadi anggota non-aktif, dan hengkang pada Juli. Pada Agustus, ia mengunggah pernyataan yang berisi bantahan tegas atas isu ini.

5 dari 7 halaman

4. Treasure

Tak hanya satu, Treasure kehilangan dua anggota pada tahun ini: Mashiho dan Yedam. Hal ini menggegerkan penggemar, karena semua terasa begitu mendadak. Dalam pernyataan agensinya, YG Entertainment, Mashiho disebut mundur untuk pemulihan kesehatan, sementara Yedam untuk mengejar karier sebagai produser.

6 dari 7 halaman

5. Loona

Sejak awal tahun ini, rumor mengenai memburuknya hubungan Chuu dengan agensinya, terus menerus bergulir. Puncaknya adalah ia dikeluarkan dari Loona pada akhir November lalu, karena dinilai bersikap arogan kepada seorang staf. Dispatch merilis artikel yang menyebutkan masalah pembagian pendapatan dan pengeluaran jadi salah satu pemicu sengketa antara Chuu dan agensinya.

 

7 dari 7 halaman

NMIXX

 

Tak ada angin, tak ada hujan, JYP Entertainment mengumumkan Jinni keluar dari NMIXX pada 8 Desember. Belakangan, unggahan yang terkait Jinni di akun Instagram grup ini dihapus.

Yang membingungkan penggemar, tak ada tanda-tanda apa pun jelang pengumuman ini. Alasan keluarnya Jinni pun hanya disebut sebagai “persoalan pribadi.” Hingga artikel ini ditulis, Jinni belum angkat bicara soal hal ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.