Sukses

7 Sumber Mata Air untuk Siraman Kaesang Pangarep: Dari Puro Mangkunegaran Solo hingga Istana Merdeka

Liputan6.com, Jakarta Prosesi siraman Kaesang Pangarep dan Erina Gudono digelar di kediaman masing-masing pada Jumat (9/12/2022) pagi. Kaesang menjalani sungkeman dan siraman di rumah Presiden Jokowi, Solo, Jawa Tengah.

Siraman diawali penyerahan air dari tujuh sumber mata air, dari pihak pengantin wanita yang diterima Gibran Rakabuming Raka sebagai perwakilan keluarga Presiden Jokowi.

Kanal News Liputan6.com pagi ini mengabarkan, air ini diambil dari tujuh sumber mata air meliputi Keraton Kasunanan Solo, Puro Mangkunegaran Solo, Masjid Agung Solo, Umbul Pengging Boyolali, Istana Merdeka Jakarta, Istana Bogor, dan rumah keluarga Jokowi, Solo.

Ketujuh air disatukan dalam satu wadah untuk siraman. Jokowi didampingi Ibu Negara memberikan siraman pertama kepada Kaesang Pangarep. Suasana berlangsung khidmat sekaligus haru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dihadiri Para Menteri

Momen siraman hanya mengundang keluarga inti, kerabat terdekat, dan tamu penting seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan.

Hadir pula, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, Menteri Agraria dan Tata Ruang RI, Hadi Tjahjanto. Jokowi memotong rambut Kaesang Pangarep, dilanjutkan prosesi menggendong sang putra bungsu. RI-1 lega lantaran prosesi sungkeman dan siraman berjalan lancar.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Sakinah, Mawadah, Warahmah

“Intinya kami sebagai orangtua mengharapkan dan mendoakan agar keluarga Mas Kaesang dan Mbak Erina ke depan bisa menjadi keluarga yang Sakinah, mawadah, dan warahmah,” kata Jokowi.

“Nanti salat Jumat dulu, setelah itu langsung menuju ke Yogyakarta untuk persiapan nanti malam,” imbuhnya, kami lansir dari video jumpa pers di kanal YouTube Berita Surakarta, pagi ini.

 

4 dari 4 halaman

Puro Mangkunegaran 80 Persen

Akad nikah akan digelar di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). Ngunduh mantu dan syukuran akan dihelat di Loji Gandrung serta Puro Mangkunegaran Solo. Terpisah, Menteri BUMN RI, Erick Thohir, menyatakan Puro Mangkunegaran terus berbenah jelang hari H.

“Sudah 80 persenlah. Selalu yang saya bilang, yang penting itu bagaimana perputaran dari undangan, masyarakat, jangan sampai masyarakat terganggu. Pak Wali Kota Solo juga memastikan tukang parkir, para pengemudi becak jadi bagian juga,” terang Erick Thohir.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS