Sukses

3 Alasan Jan Ethes dan Sedah Mirah Jadi Pembawa Cincin Kawin Kaesang Pangarep, Simbol Suci Tanpa Dosa

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal yang bikin penasaran dari pernikahan Kaesang Pangarep dan Erino Gudono yang akan digelar di Yogyakarta - Solo, pada 10 serta 11 Desember 2022, yakni siapa yang akan membawa cincin kawin mereka.

Pertanyaan ini akhirnya terjawab. Pemilik Wedding Organizer Pengantin Production Wigung Wratsangka, Dani Wigung, mengonfirmasi bahwa dua cucu Presiden Jokowi ditunjuk sebagai pembawa cincin kawin.

Keduanya adalah Jan Ethes Srinarendra dan Sedah Mirah Nasution. Penunjukan kedua cucu RI-1 bukan untuk lucu-lucuan. Dani Wigung membeberkan setidaknya ada tiga alasan mengapa harus Jan Ethes dan Sedah Mirah.

“Ya. Jan Ethes dan adik Sedah Mirah (akan jadi pembawa cincin kawin Kaesang dan Erina),” kata Dani Wigung seperti dikabarkan kanal Lifestyle Liputan6.com, Kamis (8/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cukup Umur

Terkait alasan, Dani Wigung menjelaskan, pertama, Jan Ethes dan Sedah Mirah ditunjuk karena keduanya anak-anak serta dirasa sudah cukup umur untuk mengemban tugas sebagai pembawa cincin kawin.

Alasan kedua, penampilan Jan Ethes dan Sedah Mirah tidak akan lebih mencolok dari kedua mempelai nantinya. Ini akan jadi momen manis dan menggemaskan dalam pernikahan putra bungsu Jokowi.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Simbol Kesucian

“(Ketiga) cincin pernikahan yang dibawa oleh anak kecil dianggap sebagai simbol kesucian. Ya, lucu dan tidak mencuri fokus,” Dani Wigung menjelaskan kepada awak media pekan ini.

“Kalau yang bawa gede (orang dewasa -red), kan pengantinnya tidak tampak. Mereka (Jan Ethes dan Sedah Mirah) masih anak-anak jadi dianggap lebih suci, tanpa dosa,” ia menambahkan.

 

4 dari 4 halaman

Jokowi Pakai Surjan

Setelahnya, Dani Wigung memberi bocoran lain soal kostum cucu Jokowi. Saat prosesi penyerahan cincin, Jan Ethes dan Sedah Mirah diagendakan menggunakan busana adat Solo.

Presiden Jokowi saat prosesi panggih pengantin akan pakai surjan, yakni busana resmi adat Jawa untuk pria. Penggunaan surjan terbatas di kalangan masyarakat Surakarta dan Yogyakarta.

Baca juga: Kaesang Ungkap Mahar Rp300 ribu untuk Erina saat Akad Nikah

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS