Sukses

6 Penampakan Kucing Oyen Viral di Postingan Jokowi, Dari Maskeran di Rumah Sakit Sampai Mancing Ikan

Kucing Oyen viral lagi gara-gara muncul di unggahan Presiden Jokowi soal batik yang dipakai para tamu KTT G20 di Bali. Dalam 5 jam disukai 500 ribuan orang.

Liputan6.com, Jakarta Kucing oyen alias kucing oren viral lagi setelah Presiden Jokowi mengunggah sketsa yang menampilkan para perajin batik di akun Instagram terverifikasi, Sabtu (19/11/2022). Dalam unggahan bertajuk “Batik,” RI-1 menjelaskan mengapa para peserta KTT G20 berbatik.

Para pemimpin negara G20 juga mengenakan batik saat menghadiri jamuan makan malam di kawasan Garuda Wisnu Kencana, Bali, Selasa 15 November lalu. Batik-batik itu menjadi cinderamata Indonesia untuk tamu-tamu penting kita,” tulis Jokowi menyertai sketsa tersebut.

Baru 5 jam mengudara, unggahan ini disukai lebih dari 550 ribu netizen. Mereka malah sibuk mencari dan mengomentari pose kucing oyen yang tampak dikerubuti anak ayam. “Oyen digereberk ayam koneng!” seru akun @astri**** di kolom komentar.

Ada pak menteri Basuki, si oyen juga eksis terus. Bisa bisanya di Zoom cuma mau liat si oyen,” akun @seo****. Laporan khas Showbiz Liputan6.com pekan ini menampilkan 6 penampakan kucing oyen dalam beragam pose. Gemesh banget. Yang mana favorit Anda?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Nyeruput Air Kepala Muda

Pada 14 November 2022, Presiden Jokowi mengucap selamat datang kepada para pemimpin negara yang hadir sebagai tamu KTT G20 di Bali, yang digelar mulai 15 hingga 16 November 2022. Dari Presiden AS Joe Biden hingga Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Selamat datang di Indonesia,” cuit Jokowi bersama unggahan yang disukai 1,1 jutaan orang. Netizen malah sibuk membahas kucing oyen yang leyeh-leyeh di bibir laut sambil nyeruput air kelapa muda. “Pak Jokowi harus liburan jangan kalah sama si oyen,” @mahar**** mengingatkan.

 

3 dari 7 halaman

2. Kekeuh Memegangi Mainan

Jokowi yakin, pengorbanan para pejuang untuk berdirinya Indonesia tak akan sia-sia. “Generasi penerus para pahlawan akan tetap setia menjaga kemerdekaan, mengisinya dengan pembangunan, dan melajukan negara ini ke arah kemajuan,” ungkapnya, 10 November 2022.

Pose kucing oyen menyita perhatian publik gara-gara memeluk mainan. “Ini mah kucing yang viral di tiktok kalau mainannya di ambil lgsg meluk pemiliknya, kl mainannya dikasih lagi, yang dipeluk mainannya,” akun @rrr**** menduga di kolom komentar.

 

4 dari 7 halaman

3. Si Oyen Nyetir Mobil

 

Selamat pagi. Bonus demografi bukanlah beban, melainkan sebuah kekuatan,” Jokowi menyapa netizen pada 5 November 2022. Saat Presiden membahas bonus demografi, rakyat jagat maya malah sibuk melacak keberadaan kucing oyen. Tadaaa! Oyen lagi nyetir mobil.

Oyen naik kelas jadi supir,” @wendy**** memberi tahu netizen lain. “Oyen, sekarang gegayaan mau nyetir taksi. Mana bawa temen pulak sekarang si belang gaya2an pake laptop,” ujar @nandya**** tak habis pikir.

 

5 dari 7 halaman

4. Curi Perhatian Sari Nila

Pembangunan konektivitas fisik dan digital yang menghubungkan daerah ke daerah, pulau ke pulau, ujung ke ujung Indonesia kini adalah ikhtiar kita untuk semakin memperkokoh persatuan bangsa seraya mengejar kemajuan,” cetus Jokowi pada 28 Oktober 2022.

Yang bikin netizen tepuk jidat, tentu saja pose kucing oyen melesat dengan skateboard. Ia sukses menyita perhatian bintang sinetron Ikatan Cinta, Sari Nila. “The Kitty Orange,” ia mencuap sambil menyematkan emotikon hati merah. Wah, jadi idola artis, nih!

 

6 dari 7 halaman

5. Maskeran di Rumah Sakit

 

Jokowi berterima kasih kepada para dokter dan tenaga kesehatan yang mengabdi tanpa pamrih serta berada di garis depan melawan pandemi Covid-19. “Dedikasi para dokter dan tenaga kesehatan yang sepenuh hati telah menyelamatkan rakyat dan negeri ini,” katanya.

Dalam sketsa, kucing oyen maskeran di rumah sakit pakai dua mentimun menutupi mata. “Si oyen ga pernah ketinggalan curiga kalo editornya pak jokowi, pencinta meyong,” @sina**** menembak. “Oyen ga da akhlak orang yang sakit disuruh berdiri, dianya baring wk,” @radit**** menyahut.

 

7 dari 7 halaman

6. Mancing Ikan di Hari Pangan

Merayakan Hari Pangan Sedunia, Jokowi menyinggung prediksi ke depan, bahwa banyak negara menghadapi krisis pangan. “Hampir tiga tahun pandemi, lalu konflik dan perang di Ukraina, telah membawa dampak krisis ekonomi, energi, dan pangan ke seluruh dunia,” ulasnya.

Di sudut kanan bawah sketsa, tampak kucing oyen sibuk memancing ikan. “Duh si oyen rajin amat mancing, padahal tinggal minta ikan ke bapak nelayan,” @amaz**** berkomentar. “Oyen mandiri sekarang uda bisa nyari makan sendiri,” @devi**** menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.