Sukses

Zayn Malik Beberkan Masih Banyak Orang Miskin di Inggris Melalui Surat Terbuka untuk PM Rishi Sunak

Awalnya, Zayn Malik mengungkapkan keprihatinannya terhadap gizi anak-anak di Inggris yang menurutnya masih jauh di bawah standar.

Liputan6.com, Jakarta Zayn Malik secara berani menuliskan surat terbuka kepada Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak. Melalui surat yang diunggahnya di akun Instagram @zayn itu, mantan personel One Direction membeberkan betapa isu kemiskinan dan kurangnya gizi anak-anak masih menghantui Inggris.

"Tidak ada anak yang harus menderita trauma dan stigma kelaparan & kemiskinan. Kami ingin setiap anak tumbuh sehat untuk menjalani kehidupan yang produktif. Saya menyerukan @10DowningStreet untuk memperluas #FreeSchoolMeals kepada setiap anak miskin di Inggris," tulis Zayn Malik dalam keterangan unggahan suratnya, Selasa (8/11/2022).

Awalnya, Zayn Malik mengungkapkan keprihatinannya terhadap gizi anak-anak di Inggris yang menurutnya masih jauh di bawah standar. Zayn lalu menyinggung tingkat ekonomi di negaranya yang menurutnya masih cukup jauh dari kata makmur.

"Saya menulis untuk mengungkapkan keprihatinan saya terkait kesulitan yang dialami anak-anak karena krisis biaya hidup sekaligus memohon bantuan untuk memastikan tidak ada anak miskin yang tidak mendapatkan makanan hangat dan bergizi di sekolah karena bisa jadi itulah satu-satunya makanan hangat yang mereka dapatkan," tulis Zayn Malik dalam surat yang dijadikannya sebagai unggahan foto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesulitan Makanan Gratis

Zayn Malik lalu mengungkapkan bahwa di Inggris masih banyak anak sekolah yang kesulitan bahkan tak lagi mendapatkan makanan gratis dari sekolahnya. Masalah tersebut menyebabkan anak-anak di sana tidak mendapat nutrisi dari makanan hingga kesulitan dalam berkonsentrasi.

"Selain itu, 800 ribu anak di Inggris tidak mendapatkan makanan gratis dari sekolah, padahal mereka hidup di bawah kemiskinan. Bahkan, ada yang terpaksa mencuri makanan di kantin sekolah karena lapar tapi tidak mampu membelinya. Mereka juga merasa malu yang berdampak pada kesehatan fisik dan mentalnya,” tulis Zayn Malik.

 

3 dari 4 halaman

Bantuan Besar

Zayn Malik juga mengungkapkan bahwa setiap orangtua tentunya akan merasa tenteram begitu tahu anak-anak mereka mendapatkan makan siang dari sekolah secara gratis. Ia pun menyebut hal itu sebagai faktor berkembangnya anak-anak di sana.

"Makanan sekolah gratis merupakan bantuan besar bagi anak-anak miskin di masyarakat dan menjamin makan siang yang bergizi di sekolah setiap harinya. Sehingga anak-anak bisa berkembang tanpa khawatir dari mana asal makanan mereka berikutnya," tulis Zayn Malik.

 

4 dari 4 halaman

Kesenjangan dan Harapan

Biarpun terlihat sempurna sebagai negara, Inggris kini sedang rawan krisis biaya hidup. Alhasil, terciptalah kesenjangan yang sangat besar antara batas orang kaya dan orang miskin. Zayn turut membeberkan hal itu.

Terakhir, Zayn mengungkapkan harapannya kepada pemerintah Inggris yang memiliki kekuatan terbesar di negerinya agar segera bertindak untuk menangani hal-hal yang telah disampaikannya.

"Harap lakukan dengan hati nurani yang baik dan komitmen dalam anggaran pada 17 November untuk membagikan makanan sekolah gratis kepada semua anak-anak yang hidup di bawah kemiskinan,” tulis Zayn Malik menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.