Sukses

SNC Jadi Solusi Keamanan Siber Terpercaya dan Terdepan, Antisipasi dari Cybercrime

Security and Connectivity (SNC) sadar pengguna internet harus dilindungi demi keamanan siber dengan sistem penanggulangan kejahatan dunia maya agar internet lebih aman dan nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Security and Connectivity atau SNC secara resmi diperkenalkan kepada publik oleh Chief Information Security Officer (CISO), Bruce Hanadi, di HeArt Space 2.0, Jakarta Pusat pada Rabu (12/10/2022).

Hadir pada launching SNC pada Rabu (12/10/2022) lalu adalah Ibu Intan Rahayu, SSi, MT, Direktur BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara), serta Bapak Heru Sutadi, ST, MIKom selaku pembicara dalam acara ini.

Dewasa ini, pertumbuhan teknologi informasi sangat pesat, terutama pada penggunaan internet. Namun tingkat keamanan siber masih belum maksimal.

Mendukung hal tersebut, pengguna internet pun harus dilindungi dengan sistem penanggulangan kejahatan dunia maya agar pengaksesan internet lebih aman dan nyaman.

Keamanan siber dalam konektivitas, akan menjaga privasi user dan mengurangi risiko cybercrime dalam penggunaan internet sehari-hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Antisipasi Pembobolan Keamanan Siber

"Cybersecurity Breach” (Pembobolan keamanan siber) dapat terjadi kepada siapapun dan kapanpun tanpa pandang bulu, baik itu kepada instansi pemerintah maupun swasta dan lintas sektoral dari berbagai industri," ujar Bruce Hanadi, Chief Information Security Officer (CISO).

"SNC hadir sebagai jawaban ataupun sebuah solusi yang ditawarkan kepada publik, khususnya Instansi dan korporasi yang sangat memperdulikan dan memperhatikan aspek “Cybersecurity” untuk diimplementasikan pada proses bisnisnya secara efektif," lanjutnya.

"Beberapa kasus ‘BJORKA’ membuktikan bahwa Cybersecurity masih dipandang sebelah mata. Bersama SNC, kami menawarkan sebuah “Peace of Mind”. Karena kami sangat memahami pentingnya keamanan dan proteksi diri dari serangan digital dan akses ilegal yang dapat terjadi sewaktu-waktu dan dapat terjadi kepada siapapun," lanjut Bruce Hanadi, membuka launching SNC.

 

3 dari 6 halaman

Cyberspace Security

Menurut ISO (International Organization for Standardization), cybersecurity (atau dikenal juga dengan Cyberspace Security), adalah sebuah upaya yang dilakukan dalam menjaga kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan juga ketersediaan (availability) dari cyberspace itu sendiri.

Lebih jelasnya, cybersecurity adalah sebuah langkah preventif yang harus dilakukan oleh semua pihak dalam rangka melindungi diri. Khususnya sistem komputer dan jaringan internet dari serangan digital maupun berbagai macam akses terlarang (illegal access).

"BSSN, mewakili pemerintah Republik Indonesia, sangat memperhatikan aspek keamanan siber baik untuk pengguna pemerintah, korporasi, ritel, maupun masyarakat secara umum. Sebagaimana ditentukan dalam Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) bahwa setiap Penyelenggara Sistem Elektronik harus menyelenggarakan Sistem Elektronik secara andal dan aman serta bertanggung jawab terhadap beroperasinya Sistem Elektronik sebagaimana mestinya," jelas Ibu Intan Rahayu, Direktur Keamanan Siber dan Sandi Industri (BSSN).

"Dengan telah disahkan UU PDP (Perlindungan Data Pribadi) yang juga melengkapi UU ITE, maka ini menunjukkan tingkat keseriusan pemerintah dalam melindungi pengguna siber dalam negeri, sekaligus memberantas kejahatan siber dengan memberikan hukuman pidana apabila terbukti bersalah dan melanggar undang-undang," sambungnya.

 

4 dari 6 halaman

Pentingnya Kerahasiaan dan Perlindungan Data

SNC sangat memahami pentingnya masalah kerahasiaan dan perlindungan data pengguna, hal ini demi keberlangsungan usaha dan kepercayaan dari para stakeholder, khususnya kepada nasabah atau klien.

Oleh karenanya, SNC menawarkan berbagai paket solusi keamanan siber yang dapat dikustomisasi pengguna. Di antaranya Customer ICT Solution Package yang akan menunjang pertumbuhan bisnis pengguna.

Di dalam paket yang ditawarkan sudah termasuk Vulnerability Assessment dan Penetration Testing.

 

5 dari 6 halaman

Komitmen Menjaga Keamanan

Didukung dengan tim yang berpengalaman dan profesional serta telah bersertifikasi global dalam bidang ICT, Network Management, dan sistem keamanan, SNC berkomitmen untuk menjaga dengan menawarkan solusi keamanan siber komprehensif terbaik di Indonesia saat ini.

SNC hadir sebagai solusi komprehensif yang ditawarkan untuk menjalankan satu ekosistem dalam mengatur, mengoperasikan, memonitor, serta menjaga sistem ICT di perusahaan pelanggan, khususnya dalam hubungannya antara konektivitas dengan cybersecurity.

Hal ini tentunya sebagai salah satu langkah preventif yang penting dilakukan agar semua dapat berjalan dengan baik dan selaras dengan tujuan serta strategi perusahaan yang sudah ditetapkan.

 

6 dari 6 halaman

Perlindungan Tiap Hari

SNC memberikan perlindungan 24/7 kepada pengguna dengan jasa layanan mencakup:

1. Network Management and Security monitoring.

2. Security and risk assessment.

3. Threat intelligence and intrusion management.

4. Surveillance and access control.

5. Detection, Analysis and response.

6. Escalation, recommendation and remediation .

Dengan kebutuhan perlindungan yang dapat disesuaikan dengan model business serta skema OPEX penggunanya, maka SNC dapat diandalkan sebagai solusi cybersecurity terpercaya dan terdepan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.