Sukses

Pengacara Rizky Billar Ngotot Tak Ada KDRT, Polisi: Kami Tidak Merekayasa Hasil Visum, Itu Autentik

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Endra Zulpan menegaskan hasil visum Lesti Kejora dari tim dokter tak mungkin direkayasa polisi dan autentik.

Liputan6.com, Jakarta Berkali diwawancara awak media, pengacara Rizky Billar, Adek Erfil Manurung menampik kabar kekerasan dalam rumah tangga alias KDRT yang diduga, dilakukan oleh kliennya.

Namun ia mengakui beberapa kali terjadi keributan antara Rizky Billar dan Lesti Kejora. Bahkan, ia meminta hasil visum yang dikantongi polisi mesti dibuktikan dulu di mata hukum.

Merespons pernyataan kuasa hukum terlapor, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Endra Zulpan mengingatkan bahwa hasil visum dikeluarkan oleh institusi yang berkompeten.

“Hasil visum itu kan dari tim dokter, kita tidak merekayasa atau tidak menambah dan menguranginya kalimatnya. Itu hasil daripada tim dokter yang menyerahkan sebagai alat bukti kepada penyidik,” katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perihal Hasil Visum

“Itu permintaan kita terkait hasil visum. Jadi itu adalah autentik, fakta hukum yang tidak bisa kita potong-potong ataupun kita penggal kalimatnya yaitu sesuai dengan apa yang tertera dalam hasil visum, yang diberikan oleh tim dokter,” Endra Zulpan menambahkan.

Melansir dari video klarifikasi di kanal YouTube Intens Investigasi, Selasa (11/10/2022), ia mengingatkan, hasil visum termasuk materi pemeriksaan untuk mencari titik terang dugaan KDRT.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Materi Pemeriksaan

Karenanya, alangkah baiknya jika Rizky Billar bersikap kooperatif dan fokus saja ke proses hukum yang kini telah naik level ke tahap penyidikan. Apapun opininya, alat bukti yang akan bicara.

“Ini sudah termasuk materi pemeriksaan sih, sehingga kita harapkan dengan kehadiran besok itu ditujukan nanti kepada saudara Muhammad Rizky terkait dengan temuan penyidik, dan juga keterangan-keterangan saksi yang lain yang mengaitkan dengan adanya KDRT ini,” urainya.

 

4 dari 4 halaman

Kehadiran Billar Sangat Penting

Endra Zulpan memperingatkan bahwa kehadiran Rizky Billar pada 13 Oktober 2022 penting. “Kehadiran yang bersangkutan ini sangat penting untuk menentukan langkah selanjutnya, sikap penyidik terhadap kasus ini,” tutup Endra Zulpan.

Terpisah, Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi menjelaskan penyidik menyiapkan 25 pertanyaan untuk Rizky Billar. “Kurang lebih 25 pertanyaan sudah disiapkan, tapi demikian itu tetap ada perkembangan,” ujarnya kepada jurnalis, di Jakarta, pekan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.