Sukses

Ica Pinrang Sukses Raih Empat Standing Ovation di Babak Top 24 Dangdut Academy 5

Liputan6.com, Jakarta Ajang kompetisi dangdut terbesar di Indonesia, Dangdut Academy 5 telah memasuki babak Top 24. Setelah Group 1 telah merampungkan Babak Result, kini giliran Group 2 yang menampilkan performance terbaik mereka pada Babak Show Top 24. Lala (Tangerang Selatan), Fella (Wonosobo), Yadi (Barabai), dan Ica (Pinrang) dari Group 2 tampil dua kali dengan suguhan yang berbeda tadi malam. 

Pertama akademia tampil solo dan yang kedua tampil bersama sebagai vokal grup. Masing-masing dari mereka berusaha menampilkan penampilan yang ciamik dan berusaha memikat hati para dewan juri yang hadir yakni, Rita Sugiarto, Soimah, Dewi Perssik, Fildan, serta Fashion Guru Defrico Audy.

Penampilan pertama dari Group 2 dibuka oleh Lala (Tangerang Selatan) dengan lagu berjudul “Demi Cinta”. Meski tampil dengan suara yang lembut ternyata tidak membuat Lala mendapatkan standing ovation dari para dewan juri. 

"Lala jenis lagu yang kamu bawakan memang mellow atau ballad, tapi mellow bukan berarti lemas. Tetap harus ada greget atau nyawa dalam membawakan lagunya. Kalau hanya mendengarkan audionya saja mungkin suara kamu sudah enak dan lembut untuk didengarkan, namun untuk tampil di panggung sebesar ini yang terlihat malah jadi terkesan lemas dan capek bawaannya," ujar Soimah. 

Dewi Perssik pun setuju dengan pernyataan Soimah dan menambahkan bahwa ekspresi dari Lala juga sering hilang terutama pada bagian ending lagu. Tiba pada penampil kedua, kini Fella (Wonosobo) tampil berbalut kostum serba kuning dengan membawakan lagu berjudul “ABG Tua”. 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Penampilan Fella

Berbeda dengan Lala yang tidak mendapatkan satupun standing ovation, penampilan Fella (Wonosobo) disambut cukup baik oleh para dewan juri dan berhasil mendapatkan dua standing ovation dari Rita Sugiarto dan Fildan. 

"Saya berdiri karena menurut saya Fella nyanyinya fokus, cukup bagus dari awal hingga akhir lagu, dan improvisasi yang dilakukan Fella juga terasa pas tidak berlebihan," puji Bunda Rita Sugiarto. 

Fildan pun menyetujui pujian dari Bunda Rita dan menambahkan saran untuk Fella. “Saya suka dengan suara Fella dan penampilan Fella secara keseluruhan, namun alangkah baiknya kalau pembawaannya dibedakan saat membawakan part lagu dengan gaya Rock dan part lagu dengan gaya yang Dangdut. Aransemen seperti itu harusnya bisa lebih dimanfaatkan dan dieksekusi lebih baik oleh Fella,” ujar Fildan.

Yadi (Barabai) menjadi penampil ketiga dengan membawakan lagu berjudul “Mahal”. Bergaya ala Korea dan memiliki ciri khas suara yang unik, Yadi berhasil membuat Dewi Perssik memberikan standing ovation untuknya.

"Saya suka sekali stage act kamu yang cool,” ujar Dewi Perssik. Berbeda dengan Dewi Perssik yang membanjiri pujian untuk Yadi, menurut Soimah cara Yadi membawakan lagunya terasa terlalu terburu-buru dan kurang

menikmati lagu tersebut. Soimah juga memberi pesan kepada Yadi bahwa memiliki karakter suara yang unik saja tidak cukup, Yadi harus tetap memperhatikan aspek penilaian seperti teknik vokal, tempo, dan lainnya untuk bisa terus bertahan di panggung D’Academy 5.

 

3 dari 4 halaman

Penampilan Solo

Penampil terakhir, Ica (Pinrang) berhasil menutup penampilan solo dari Group 2 dengan ciamik. Membawakan lagu berjudul “Bimbang”, Ica berhasil memikat keempat dewan juri untuk memberikan standing ovation padanya. 

"Sudah cantik, masih muda, dan punya range vokal yang luas," puji Dewi Perssik. Soimah yang tidak memberikan standing ovation pun memberikan sedikit catatan kepada Ica. 

"Penampilan kamu tetap bagus, tapi saya lebih suka dengan penampilan kamu yang sebelumnya. Ada beberapa part yang kamu nyanyinya agak sharp. Ini menjadi catatan buat kamu, karena saya percaya kamu bisa tampil jauh lebih bagus dari penampilan kali ini,” pesan Soimah kepada Ica.

Selesai dengan penampilan solo, kini keempat kontestan dari Group 2 tampil bersama sebagai vokal grup dengan membawakan lagu berjudul “Gerimis Melanda Hati”. Penampilan Group 2 dinilai cukup baik dan berhasil menampilkan kemampuan vokal yang cukup merata oleh dewan juri. Penjiwaan yang dikuasai oleh Fella (Wonosobo), kemampuan cengkok yang luar biasa dari Ica (Pinrang), penampilan yang lebih bernyawa dari Lala (Tangerang Selatan), dan suara unik Yadi (Barabai) membuat Group 2 berhasil mendapatkan lima standing ovation dari kelima dewan juri. 

 

4 dari 4 halaman

Akademia Terbaik

Setelah penampilan sebagai vokal grup, dewan juri memilih satu Akademia Terbaik yang dinilai sebagai penampil terbaik pada Babak Show kali ini. Ica (Pinrang) terpilih sebagai Akademia Terbaik pilihan dewan juri dan berhak mendapatkan tambahan 10 persen dari hasil polling tiga akademia lainnya.

Polling sementara menempatkan Yadi (Barabai) dan Ica (Pinrang) berada di dua posisi teratas. Disusul oleh Lala (Tangerang Selatan) yang berada di posisi ketiga dan Fella (Wonosobo) pada posisi terakhir. Perjuangan mereka masih akan berlanjut pada Babak Top 24 Result Show yang akan tayang pada Selasa, 4 Oktober 2022 dengan kembali menampilkan akademia dari Group 2 yakni, Lala (Tangerang Selatan), Fella (Wonosobo), Yadi (Barabai), dan Ica (Pinrang).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.