Sukses

Kinobi Digandeng ITS Membangun Portal Karier Mahasiswa

Liputan6.com, Jakarta Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar sosialisasi portal karier mahasiswa sebagai hasil kerja sama mereka dengan Kinobi. Acara ini digelar dalam rangka pembekalan para wisudawan ke-126 dan peluncuran Career Development Program (CDP) ITS di gedung Graha Sepuluh Nopember.

Melalui kerja sama ini, mahasiswa ITS akan mendapatkan akses ke berbagai fasilitas persiapan karier dan pendidikan seperti CV ATS-Friendly builder, portal lowongan kerja, portal informasi beasiswa, dan forum kewirausahaan yang bisa menunjang aktivitas mahasiswa dan wisudawan. Misalnya untuk mencari kerja, membuat bisnis, bahkan meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Hafiz Kasman, Presiden Direktur dan juga Co-founder dari PT Kinobi Technologies Indonesia (Kinobi), mengungkapkan, “Kerjasama Kinobi dengan ITS ini merupakan salah satu komitmen kami dalam mempercepat masa transisi 25 juta mahasiswa dan mahasiswi di Asia Tenggara menuju dunia kerja.”

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, tingkat pengangguran terbuka (TPT) dari lulusan universitas masih berada di angka 5,98 persen di tahun 2021. Kami berharap dengan kerja sama ini, Kinobi dan ITS dapat berkontribusi menurunkan angka tersebut dengan membantu persiapan karier mahasiswa dengan teknologi yang kami berikan,” sambungnya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Komentar Pihak Kampus

Wakil Rektor I ITS, Prof. Dr. Ir. Adi Soeprijanto MT menyampaikan agar mahasiswa mengamalkan ilmu dan kompetensi yang telah didapatkan selama berkuliah di ITS.

“Pastikan mahasiswa mampu memetakan karier dengan baik, apalagi adanya bantuan fasilitas yang diberikan,” ujarnya.

Arief Abdurrakhman ST MT, Kepala Subdirektorat Pengembangan Kewirausahaan dan karier Direktorat Kemahasiswaan ITS menjelaskan bahwa guna menunjang Career Development Program (CDP) ini, ITS bekerja sama dengan 200 mitra baik dari perusahaan, pemerintah, penyedia beasiswa, investor dan lain-lain.

CDP memfasilitasi wisudawan untuk mendapatkan konsultasi karier dengan alumni ITS, peningkatan skill berupa sertifikasi, dan pelatihan berbagai software secara gratis. Dimana salah satunya adalah menggunakan platform Kinobi.

“Calon wisudawan ke-126 dapat mendaftar melalui link its.app.kinobi.asia,” ucap dosen Departemen Teknik Instrumentasi ITS ini.

 

3 dari 4 halaman

Kerja Sama Lain

Selain ITS, Kinobi juga telah menjalin kerja sama dengan puluhan universitas dari berbagai penjuru Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Universitas Airlangga (UNAIR).

Dengan misi untuk menjadi penyedia portal karier universitas nomor 1 di Asia, Kinobi ingin membantu universitas-universitas di Indonesia, Singapura, Filipina, dan Vietnam untuk meningkatkan potensi kerja para mahasiswa dan alumninya.

Tak hanya itu, Kinobi juga menawarkan berbagai fitur lengkap untuk universitas guna memfasilitasi mahasiswanya dalam mempersiapkan karier mereka.

 

4 dari 4 halaman

Fitur Aplikasi

Fitur utama yang ditawarkan adalah CV builder atau aplikasi pembuat CV berbasis AI. Aplikasi ini dapat membantu mahasiswa untuk membuat CV atau resume dengan format yang sudah sesuai dengan Applicant Tracking System (ATS). Dengan demikian, lamaran kerja mereka akan lebih mudah untuk lolos seleksi CV otomatis oleh sistem.

Portal karier Kinobi juga memiliki fitur job portal, di mana pihak universitas dapat mengunggah lowongan kerja yang hanya dapat diakses oleh mahasiswanya. Hal ini tentu akan memudahkan universitas yang telah berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan dalam menyediakan lowongan kerja.

Dalam rangka meningkatkan peluang kerja mahasiswa. Kinobi akan terus menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk membuka portal karier yang fungsional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.