Sukses

Foto Ruang Kerja Raja Charles III Diungkap, Lengkap dengan Kotak Merah Ikonis Mendiang Ratu Elizabeth II

Liputan6.com, London - Raja Charles III ternyata langsung menunaikan tugasnya sebagai pemimpin Kerajaan Inggris, hanya selang beberapa hari setelah Ratu Elizabeth II meninggal. Momen yang terjadi pada 11 September tersebut kemudian dibagikan oleh Istana Buckingham pada Jumat (23/9/2022) lalu.

Dalam foto tersebut, Raja Charles mengenakan setelan warna biru gelap dengan dasi warna senada, yang duduk di depan meja berkelir keemasan. Di belakang mejanya, terlihat foto Ratu Elizabeth II yang tengah bersanding dengan Pangeran Philip.

Dalam foto Raja Charles yang diambil di Eighteenth Century Room ini terlihat pula sebuah kotak merah ikonis, yang sebelumnya lekat dengan mendiang Ratu, diwartakan People.

Namun kini, kotak merah berisi dokumen-dokumen yang harus ditangani ayahanda Pangeran William ini tak lagi disebut sebagai milik mendiang Ratu Elizabeth.

“His Majesty The King’s Red Box,” begitu awal caption dalam unggahan yang dibagikan di akun Instagram resmi @theroyalfamily.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Dalam Kontak Terkunci

Isi kotak merah ini adalah dokumen dan surat yang dikirim oleh para Menteri pemerintahan Inggris serta perwakilan dari Persemakmuran seperti Australia dan Kanada, maupun wakil negara lain.

Ditambahkan, “Dokumen dikirim dari Kantor Sekretaris Pribadi kepada Raja, di mana pun ia bertempat tinggal, dalam kotak merah yang dikunci.”

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Setiap Hari Bersama Kotak Merah

Dalam caption ini disebutkan pula riwayat kotak merah ikonis ini. Benda ini  dibuat untuk penobatan Ratu Elizabeth pada Juni 1953. Pada masa kala sang Ratu bertakhta, ia hampir setiap hari menerima dokumen dalam kotak merah ini, termasuk setiap akhir pekan dan hari libur.

Satu-satunya ia libur dari kewajiban ini, adalah saat datangnya Hari Natal.

4 dari 4 halaman

Masih Berkabung

Raja Charles III sendiri kini masih dalam suasana berkabung atas meninggalnya sang ibunda. Masa berkabung nasional sendiri sebenarnya sudah berakhir, tapi keluarga kerajaan masih berkabung hingga 26 September mendatang, atau seminggu setelah pemakaman.

Ratu Elizabeth II dimakamkan pada Senin, 19 September lalu, di Kapel St George yang terletak di Kastil Windsor. Di lokasi yang sama, dikubur pula mendiang suaminya yakni Pangeran Philip yang meninggal dunia pada 9 April 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.