Sukses

Raja Charles III Naik Takhta Gantikan Mendiang Ratu Elizabeth II: Saya Mengandalkan Bantuan Istri Tercintaku, Camilla

Raja Charles III mengungkap gelar Queen Consort untuk sang istri, Camilla.

Liputan6.com, London - Salah satu hal yang diungkapkan Raja Charles III dalam pidato pertamanya di depan publik setelah naik takhta adalah tentang sang istri, Camilla. Diwartakan People, Sabtu (10/9/2022) ia secara resmi telah memberi gelar Queen Consort atau Permaisuri kepada wanita 75 tahun tersebut, dalam penampilan pertamanya di TV sebagai seorang raja.

Raja Charles mengungkap akan banyak bersandar kepada Camilla—yang sebelumnya bergelar sebagai Duchess of Cornwall—untuk posisi barunya ini.

“Saya mengandalkan bantuan penuh kasih dari istriku tercinta, Camilla,” tutur putra sulung mendiang Ratu Elizabeth II tersebut.

Ditambahkan, “Sebagai pengakuan atas pelayanan publiknya yang begitu setia sejak pernikahan kami pada 17 tahun yang lalu, dia menjadi Permaisuriku.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yakin dengan Kemampuan Istri

Dalam pidato yang digelar di Blue Drawing Room, Istana Buckingham, Raja Charles memahami bahwa gelar baru yang disandang sang istri akan memberikan tanggung jawab yang lebih besar kepada wanita ini.

“Saya tahu dia akan memenuhi tuntutan dari peran barunya ini, dengan  pengabdian yang teguh terhadap tugasnya, dan hal ini sangat saya andalkan," kata Raja Charles.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pangeran Wales

Selain sang istri, Raja Charles juga memberikan gelar baru untuk anak sulungnya, Pangeran William.

“Keturunan saya, William sekarang mendapatkan gelar Skotlandia yang sangat berarti bagi saya," kata Raja Charles. Pangeran William juga menggantikan sang ayah sebagai Duke of Cornwall.

“Hari ini, saya bangga mengangkatnya sebagai Pangeran Wales, Tywysog Cymru, yang gelarnya sangat saya sanjung selama hidup dan tugas saya," tuturnya. Tywysog Cymru sendiri adalah bahasa Welsh dari gelar ini.

4 dari 4 halaman

Sebut Pangeran Harry dan Meghan Markle

Pangeran Harry dan sang istri, Meghan Markle, juga tak luput disertakan dalam pidato Raja Charles.

“Aku juga ingin mengungkapkan cintaku kepada Harry dan Meghan, yang terus membangun kehidupan mereka di luar negeri,” begitu pernyataan Raja Charles.

Pangeran Harry sendiri diketahui langsung bertolak ke Balmoral, begitu dikabarkan bahwa kondisi kesehatan sang nenek mengkhawatirkan. Ia dan Meghan diperkirakan akan berada di Inggris selama masa berkabung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.