Sukses

Barack Obama Merasa Beruntung Pernah Disambut Hangat Ratu Elizabeth II, Kenang Sikap Baik Mendiang Semasa Hidup

Setelah menyebutkan jasa-jasa Ratu Elizabeth II, Barack Obama mengungkapkan perasaan terbesarnya kepada Sang Ratu semasa hidupnya.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama, ikut mengungkapkan perasaan duka atas meninggalnya pemimpin Inggris Ratu Elizabeth II di usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat. Kenangan yang tak terlupakan pun disampaikan oleh suami Michelle Obama itu.

Ungkapan yang disampaikan melalui akun media sosial resmi Barack Obama, menuliskan rangkuman sejarah kepemimpinan Ratu Elizabeth II dan jasanya selama Perang Dunia II karena secara langsung ikut terjun sebagai bagian dari kepemimpinan militer kala itu.

Setelah menyebutkan jasa-jasa Ratu Elizabeth II sejak awal kepemimpinan hingga keputusannya untuk melalukan lockdown di Inggris sewaktu pandemi COVID-19, Barack Obama mengungkapkan perasaan terbesarnya kepada Sang Ratu semasa hidupnya.

Rupanya, Barack Obama dan sang istri, Michelle Obama, mengaku sangat beruntung sempat bertemu langsung dengan Ratu Elizabeth II. Menurut Obama, Sang Ratu merupakan sosok yang murah hati, hangat, dan juga humoris. Sehingga menurut Obama lagi, hampir semua orang nyaman saat berada di dekat Ratu Elizabeth II.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyambut dengan Tangan Terbuka

Obama pun menyiratkan bahwa Ratu Elizabeth II adalah salah satu sosok pemimpin yang menyambutnya dengan sangat terbuka ketika Obama baru menapakkan kakinya sebagai seorang presiden. Terlebih, ada isu ras yang cukup kompleks pada saat Obama terpilih sebagai presiden Amerika Serikat.

"Michelle dan saya cukup beruntung untuk mengenal Yang Mulia, dan ia sangat berarti bagi kami. Kembali ketika kami baru mulai menavigasi kehidupan sebagai Presiden dan Ibu Negara, dia menyambut kami ke panggung dunia dengan tangan terbuka dan kemurahan hati yang luar biasa," tulis Obama melalui akun Instagram @barackobama, diunggah baru-baru ini setelah wafatnya Sang Ratu.

"Berkali-kali, kami dikejutkan oleh kehangatannya, cara dia membuat orang merasa nyaman, dan bagaimana dia membawa banyak humor dan pesonanya ke saat-saat kemegahan dan keadaan yang luar biasa," lanjut Obama.

 

3 dari 4 halaman

Merasa Bersyukur

Tak hanya merasa beruntung, Barack Obama dan istri juga mengaku bersyukur rakyat Inggris sempat memiliki pemimpin seperti Ratu Elizabeth II yang disebutnya sebagai sosok ratu dengan dedikasi tinggi terhadap rakyat negerinya.

"Seperti banyak orang lainnya, Michelle dan saya bersyukur telah menyaksikan kepemimpinan penuh dedikasi Yang Mulia, dan kami kagum dengan warisan pelayanan publik yang tak kenal lelah dan bermartabat. Pikiran kami bersama keluarganya dan orang-orang Inggris pada saat yang sulit ini," pungkas Obama.

 

4 dari 4 halaman

Wafatnya Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II, pemimpin terlama yang memerintah Inggris, wafat di Kastil Balmoral, Inggris, pada Kamis (8/9/2022) sore waktu setempat. Mengutip BBC, Kamis (8/9/2022), bendera di Istana Buckingham diturunkan menjadi setengah tiang pada pukul 18.30.

Ratu Elizabeth II memerintah Inggris Raya dan 14 wilayah Persemakmuran lainnya, dan menjadi salah satu wanita paling terkenal yang pernah hidup. Putranya, Charles III, segera menjadi Raja setelah kematiannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.