Sukses

Penyanyi Ellan Palestina Rising Star Indonesia Meriahkan Festival Kuliner Nusantara 2022

Budaya Indonesia begitu kaya, terutama dari sajian kuliner khasnya.

Liputan6.com, Jakarta Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Administrasi Jakarta Timur menyelenggarakan kegiatan Festival Kuliner Nusantara 2022 yang bertajuk “Satukan Ragam Soto Nusantara (SATU RASA) di Pelataran Mall City Plaza, Jakarta Timur, pada 20–21 Agustus 2022.

Festival Kuliner Nusantara 2022 merupakan bazar makanan yang menyajikan beragam hidangan kuliner soto nusantara dan makanan khas daerah lainnya dari 30 UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) kuliner di wilayah Jakarta Timur. Terdapat juga Jakpreneur, yaitu para pelaku usaha kuliner binaan Sudin Parekraf Jakarta Timur yang ikut serta meramaikan acara ini.

Beragam kuliner khas nusantara merupakan identitas nasional. tidak hanya harus dipertahankan, tetapi juga dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta membangkitkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif negara.

Selain acara bazar makanan dan perlombaan memasak soto, terdapat juga acara hiburan yang menampilkan Ellan Palestina, salah satu finalis Rising Star Indonesia musim ketiga.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Identitas Budaya

Makanan khas Nusantara yang menjadi salah satu identitas budaya serta membangkitkan kembali geliat industri kuliner di Indonesia. 

“Tahun ini Festival Kuliner Nusantara diadakan untuk pertama kalinya, diharapkan acara ini dapat menjadi agenda tetap yang rutin diadakan setiap tahunnya. Kegiatan ini diadakan dalam rangka melestarikan budaya yaitu makanan khas Nusantara kepada generasi milenial," ujar Muhammad Anwar, selaku Walikota Jakarta Timur, di lokasi acara.

"Kami juga menghadirkan Jakpreneur yang dibina oleh pemerintah, tentunya ini menjadi bagian dalam membantu memasarkan mereka ke publik, sehingga akan menambah peningkatan ekonomi juga untuk mereka," dia menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Kegiatan Strategis Daerah (KSD)

Muhammad Anwar mengatakan, membidik kawasan Jatinegara sebagai pusat kuliner. Utamanya, makanan khas Betawi.

"Kawasan Jatinegara ini memang sedang menjadi perhatian pemerintah DKI Jakarta untuk dikembangkan sebagai salah satu kawasan untuk Kegiatan Strategis Daerah (KSD). Semoga nantinya kami juga bisa menghadirkan pusat kuliner Betawi, yang menyediakan makanan dan suvenir khas Betawi di kawasan ini," dia menjelaskan.

Budaya Indonesia begitu kaya, Muhammad Anwar mengatakan, terutama dari sajian kuliner khasnya. Masing-masing daerah memiliki makanan khas yang menjadi keunggulan serta daya tarik para wisatawan domestik dan mancanegara untuk berwisata kuliner.

 

 

 

 

4 dari 4 halaman

Lomba

Selain menyajikan beragam kuliner soto nusantara, di Festival Kuliner Nusantara 2022, terdapat juga acara lomba membuat soto nusantara dengan total hadiah puluhan juta Rupiah.

Aneka jenis soto yang dilombakan antara lain soto Betawi, soto Banjar, soto Makassar, soto Kudus, soto Padang, soto Medan, soto Madura, soto Lamongan, dan lainnya.

Kaya akan beragam rempah-rempah, membuat sebuah hidangan seperti soto bisa memiliki cita rasa yang unik dan khas juga berbeda antar daerah. Karena diolah dengan kreativitas dan tradisi dalam pemilihan bumbu, bahan-bahan, proses memasak serta penyajian. Ini membuat soto menjadi salah satu warisan kuliner nasional unggulan dan kebanggaan serta merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.